Dark/Light Mode

Kompak Sesuaikan Tarif Layanan Bisnis, Pakar: Hal Lumrah Di Industri E-Commerce

Jumat, 4 November 2022 20:28 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Ia juga meyakini, penyesuaian ini tidak akan membuat mereka ditinggalkan pelanggannya. Sebab berbagai transaksi digital sudah melekat di masyarakat. Meskipun tidak lagi bakar duit, tetapi berbagai layanan digital tetap memberikan layanan yang terbaik dan memberikan kenyamanan bertransaksi.

“Masyarakat saya kira tidak akan kembali ke masa sebelum adanya layanan digital. Meskipun tidak ada lagi program-program promo, masyarakat yang sudah terbiasa bertransaksi digital tidak akan kemudian berhenti," urai Piter.

Ke depannya industri digital termasuk e-commerce pun dianggap akan tetap berkembang pesat. "Layanan digital adalah keniscayaan masa depan. E-commerce dan bisnis digital akan terus berkembang," tegasnya.

Baca juga : Telkom Perluas Layananan Digital Ke Pasar Induk Caringin

Sebelumnya, mantan Menteri Kominfo Rudiantara pernah mengungkapkan, para investor kini telah mengubah haluan fokus bisnis mereka.

Tadinya mereka fokus pada daya tarik atau jumlah download, pengguna dan transaksi, kini menjadi EBITDA atau road to profitability atau berorientasi keuntungan.

"Sehingga era bakar uang' untuk mengejar traction sudah lewat. Karena diarahkan dari investor untuk merealisasikan keuntungan investasinya,” ucap Rudiantara.

Baca juga : Shopee Maksimalkan Layanan Halal Di Fitur Shopee Barokah

Hal ini kata dia, menjadi lumrah dalam upaya meningkatkan efisiensi demi mendorong profitabilitas dan kontinuitas bisnis perusahaan. Platform belanja digital lainnya memiliki strategi tersendiri terhadap pertumbuhan dan keberlangsungan bisnisnya.

“Pengurangan benefit kepada customer oleh berbagai platform belanja online baik di level nasional maupun global merupakan kebijakan perusahaan untuk terus memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh pelanggan,” ungkapnya.

Sebut saja Amazon, Alibaba, Walmart, GrabFood, GoFood, serta ShopeeFood, merupakan perusahaan teknologi yang telah menerapkan skema tersebut guna meningkatkan layanan kepada pelanggan, terutama melalui inovasi serta teknologi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.