Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Telkom Perluas Layananan Digital Ke Pasar Induk Caringin

Rabu, 2 November 2022 11:51 WIB
Penandatanganan MoU kerja sama antara Leap dengan PT Pengelola Pasar Induk Caringin oleh EVP Digital Business and Technology Telkom Saiful Hidajat (kiri) dan Pemilik Pasar Induk Caringin Agung Suryamal (kanan).di Bandung, beberapa waktu lalu..

.
Penandatanganan MoU kerja sama antara Leap dengan PT Pengelola Pasar Induk Caringin oleh EVP Digital Business and Technology Telkom Saiful Hidajat (kiri) dan Pemilik Pasar Induk Caringin Agung Suryamal (kanan).di Bandung, beberapa waktu lalu.. .

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkolaborasi dengan PT Pengelola Pasar Induk Caringin untuk mengakselerasi ekosistem digital di Pasar Induk Caringin.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini mencakup  pemanfaatan layanan digital Telkom Logee dan Agree, produk digital di bawah naungan Leap-Telkom Digital untuk memberikan solusi ekosistem digital di Pasar Induk Caringin sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas secara daring. 

Sebagai langkah awal mewujudkan ekosistem digital di Pasar Induk Caringin, Logee dan Agree membangun Fulfillment Center yang diharapkan dapat melayani market online, tetapi tetap menjaga ekosistem offline yang sudah berjalan.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pelaksanaan National Leadership Camp ICMI

Direktur Digital Bisnis Telkom, Fajrin Rasyid menyampaikan,  bahwa ada dua solusi yang Logee berikan untuk Pasar Induk Caringin, yaitu Closed Ecosystem dan Opened Ecosystem. 

Closed Ecosystem mengakomodir supply dari Fulfillment Center Pasar Induk Caringin ke hotel, restoran, dan kafe melalui platform Logee. Sementara untuk Opened Ecosystem, berfungsi untuk mengakomodir para aggregator marketplace agribisnis salah satunya platform Agree Market. 

“Selain itu dengan menggunakan platform Logee, Pengelola Pasar Induk Caringin dapat membuat keputusan yang lebih efisien dan efektif, dikarenakan platform ini dapat memberikan informasi terkait data permintaan, kualitas, waktu, dan kinerja,” ungkap Fajrin dalam keterangannya, Rabu (2/11).

Baca juga : Pijar Mahir Telkom Berhasil Cetak Talenta Unggul Digital BUMN

Pemilik Pasar Induk Caringin, Agung Suryamal mengatakan, bahwa saat ini Pasar Caringin mewadahi 4.100 pedagang. Bersama dengan Telkom, Pasar Caringin akan melaksanakan kegiatan digitalisasi pasar induk sehingga mampu menjadi pasar digital. 

“Tujuannya adalah untuk memudahkan para pengusaha hotel, restoran, kafe, serta juga masyarakat agar mudah berbelanja di Pasar Induk Caringin dengan harga yang kompetitif, barang yang berkualitas, dan distribusi yang cepat,” papar Agung.

Sementara itu, EVP Digital Business and Technology Telkom, Saiful Hidajat berharap dengan adanya kerja sama ini implementasi ekosistem digital Pasar Induk Caringin akan menstimulasi ekosistem digital pada pasar induk lain di seluruh Indonesia. 

Baca juga : Mau Dijual Eceran, Harga Dikorting Lagi

“Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kita mengorkestrasi ekosistem digital di berbagai bidang, termasuk pada ekosistem pasar tradisional,” kata Saiful.

Logee dan Agree merupakan bagian dari Leap sebagai umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target Pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.