Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Operasi Ketupat

Jasa Raharja Gelar Survei Ke Pelabuhan Merak Dan Ciwandan

Kamis, 9 Maret 2023 18:06 WIB
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono. (Foto: Istimewa)
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Raharja bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar survei ke Pelabuhan Merak dan Ciwandan, Banten, Senin (6/3) lalu.

Kunjungan itu dilakukan untuk meninjau kesiapan Operasi Ketupat 2023. Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono mengatakan, survei merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun menjelang momen mudik.

"Tujuannya untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan pengamanan menjelang momen mudik Lebaran," ujar Rivan dalam keterangan resminya, Kamis (9/3).

Baca juga : Peningkatan Kapasitas SDM, Mak Ganjar Gelar Latihan Bagi Pengrajin Batik

Menurutnya, pelabuhan merupakan salah satu jalur mudik antar pulau dan dilalui oleh pemudik dalam jumlah banyak, sehingga menjadi titik krusial yang perlu ditinjau.

"Kami berharap, dengan berbagai sosialisasi serta persiapan yang dilakukan secara matang, pelaksanaan mudik Lebaran 2023 berjalan aman dan kondusif serta zero accident," ujarnya.

Rivan mengimbau masyarakat, untuk memanfaatkan program mudik gratis, baik yang diselenggarakan pemerintah, BUMN, maupun pihak lainnya.

Baca juga : Lestari Ajak Generasi Muda Tanamkan Nilai Kebangsaan

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, tinjauan dilakukan tidak hanya pada kesiapan pelabuhan semata tapi juga terhadap akses jalan menuju ke sana.

"Dari tinjauan ini, kami mengkaji skema pengaturan arus lalu lintas. Nantinya, kami juga akan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas, baik di jalan tol maupun non tol," jelas Firman.

Firman berharap kepada masyarakat yang akan mudik dan balik untuk menggunakan ruas jalan dengan tertib mematuhi aturan serta mengikuti arahan petugas di lapangan.

Baca juga : Kiai Muda Pendukung Ganjar Gelar Kajian Dan Pelatihan Fikih Perawatan Jenazah

"Dengan demikian, kita harapkan kegiatan mudik dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar," ucapnya.

Survei ke pelabuhan juga diikuti Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, Direktur Preservasi Jalan Kementerian PUPR, Direktur Lalu Lintas Direktorat Perhubungan Darat Kemenhub, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Ery Nursatari, dan Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus.

Sebelumnya, Jasa Raharja bersama Kemenhub, Kementerian PUPR, dan Korlantas Polri juga telah melakukan survei ke sejumlah wilayah, seperti jalur pantai utara (Pantura), pantai selatan (Pansela), serta jalur tol Jakarta hingga Surabaya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.