Dark/Light Mode

Teknologi China Maju Pesat

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Lebih Cepat Dari Buatan Jepang Dan Jerman

Selasa, 28 Februari 2023 17:59 WIB
lustrasi. (Foto: Dok. KCIC)
lustrasi. (Foto: Dok. KCIC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dipastikan banyak mengadopsi dari kemajuan perkeretaapian di China. Pasalnya, kemajuan industri perkeretaapian di China terbilang pesat dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya yang juga memiliki layanan kereta api cepat.

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi.

Dwiyana mengungkapkan, KCJB adalah salah satu Proyek Strategis Nasional yang merupakan proyek pembangunan Kereta Api Cepat pertama di wilayah Asia Tenggara.

Baca juga : Ballastless Track Slab Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selesai Dipasang

"Proyek ini juga merupakan proyek penting di mata internasional karena melibatkan dua negara besar yang diwakili oleh BUMN Indonesia dan China," ungkap Dwiyana dalam keterangan persnya.

Dikatakan, besarnya perhatian yang diberikan kedua pemerintah juga terlihat langsung dari rutinnya kunjungan dan perhatian yang ditunjukkan kedua belah pemerintah pada proyek ini.

Hingga adanya agenda khusus pelaksanaan showcase KCJB pada saat G20 yang langsung disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Presiden RRT Xi Jinping.

Baca juga : Melani Suharli: Era Baru Transportasi Massal Modern Majukan Masyarakat Dan Tumbuhkan Perekonomian

China juga memberikan jaminan transfer teknologi dan knowledge kepada putra putri Indonesia melalui training dan internship, sehingga KCIC dapat mengelola dan mengoperasikan KCJB.

Proses transfer teknologi dan knowledge selama periode konstruksi di antaranya pengalihan teknologi slab track dan fasilitas produksi dari kontraktor Tiongkok ke kontraktor lokal.

"Dari sisi tenaga kerja, keberadaan proyek KCJB juga berkontribusi dalam penyerapan tenaga kerja lokal dalam jumlah besar," katanya.

Baca juga : Lalu Lintas Keluar Jakarta Masih Terpantau Lancar

Menurutnya, kemajuan industri perkeretaapian di China terbilang pesat. Pertumbuhan jalur kereta api cepat dari yang awalnya hanya 120 kilometer (km) di 2008 mencapai 42 ribu km pada 2022 dan menjangkau lebih dari 550 kota di China.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.