Dark/Light Mode

IPCN Genjot Pertumbuhan Logistik Nasional

Senin, 13 Maret 2023 16:36 WIB
Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/3). (Foto: Istimewa)
Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN) baru saja menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/3). Rakernas IPCN bertajuk 'Berkarya Dalam Kemakmuran untuk Logistik Indonesia' ini dihadiri oleh seluruh pengurus Badan Pengurus Daerah (BPD) se-Indonesia.

Ketua Dewan Pembina IPCN Cris Kuntadi mengajak asosiasi pengusaha dan Pemerintah berkolaborasi dalam berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama oleh asosiasi pelaku usaha logistik. 

Baca juga : Hilirisasi Perkuat Peran PalmCo PTPN Dalam Industri Sawit Nasional

IPCN, kata Cris, harus melanjutkan kolaborasi dengan lembaga pemerintahan, asosiasi sejenis, pelaku usaha jasa logistik untuk meningkatkan peran serta dalam usaha logistik yang lebih baik.

"Juga perlunya pembekalan terhadap anggota terkait regulasi pendukung logistik, seperti Indonesia National Single Window (INSW), Online Single Submission (OSS) dan lainnya, baik untuk angkutan darat, laut, udara, serta perkeretaapian," ungkap Cris dalam keterangan resminya, Minggu (12/3).

Baca juga : Cabut Perlindungan Bharada E, LPSK Disentil Yasonna

Ketua Panitia Rakernas IPCN Viza Adrian Sebayang memastikan acara berlangsung sukses dan menghasilkan beberapa kesepakatan.

Salah satunya nota kesepahaman bersama antara IPCN dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) untuk kolaborasi kemajuan logistik Indonesia.

Baca juga : TBBM Plumpang Pegang Peran Penting Suplai BBM Nasional

Dalam rakernas itu, Ketua Harian IPCN Agus Prastudi melantik Nofrisel sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina IPCN.

Hadir juga dalam rakernas tersebut Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Zaherman Muabezi, Direktur Eksekutif Indonesian National Shipowners' Association (INSA) Estu Prabowo, Pengurus Asperindo Tekad Sukanto, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan, dan Ketua Dewan Pakar Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Nofrisel SE. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.