Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPJamsostek Serahkan 48 Juta Bagi Korban Kebakaran Depo Pertamina

Sabtu, 18 Maret 2023 17:20 WIB
BPJamsostek menyerahkan santunan senilai Rp 48 juta kepada M. Suheri yang meninggal akibat terbakarnya Depo Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara. (Foto: Istimewa)
BPJamsostek menyerahkan santunan senilai Rp 48 juta kepada M. Suheri yang meninggal akibat terbakarnya Depo Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) menyerahkan santunan senilai Rp 48 juta kepada M. Suheri yang menjadi korban meninggal dunia akibat terbakarnya Depo Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara.

Suheri sehari-hari bekerja sebagai karyawan toko bahan bangunan dan meninggal ketika berusaha mengevakuasi anggota keluarganya yang turut menjadi korban. Meski sempat dinyatakan hilang, akhirnya Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri berhasil mengidentifikasi korban pada Selasa (7/3).

Berdasarkan informasi tersebut Tim Layanan Cepat Tanggap (LCT) langsung melakukan konfirmasi dan diketahui korban masih aktif sebagai peserta BPJamsostek.

Direktur Utama BPJamsostek Anggoro Eko Cahyo menyerahkan langsung santunan senilai Rp 48 juta kepada Ria Putri Amelia, istri almarhum Suheri. Anggoro menyebutkan ini bukti negara hadir memastikan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Baca juga : Mentan Gairahkan Start Up Dan Petani Milenial Majukan Pertanian Presisi

"Saya atas nama pribadi dan manajemen menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada Ibu Ria. Tentu saja ini tidak bisa menggantikan almarhum, tapi bisa sedikit meringankan beban akibat musibah seperti ini," kata Anggoro dalam keterangan resminya, di Jakarta, Sabtu (18/3).

Dia mengapresiasi komitmen Toko Liberty Jaya, tempat Suheri bekerja, yang mendaftarkan seluruh karyawan menjadi peserta BP Jamsostek. Anggoro menegaskan, pentingnya seluruh pekerja baik formal (penerima upah) maupun informal (bukan penerima upah) untuk memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Karena, hal tersebut menjadi hak konstitusi bagi para pekerja. Selain itu musibah seperti yang dialami oleh korban dapat terjadi kepada siapa saja, kapan dan di mana saja.

Apalagi, cara untuk menjadi peserta BPJamsostek cukup mudah, bagi pekerja informal dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).

Baca juga : Bamsoet Pahami Mundurnya Bobby & Pras dari SC Formula E Jakarta 2023

Sekretaris Kota Jakarta Utara Abdul Khalit mengatakan, saat ini fokus pada pemulihan kondisi masyarakat yang terdampak insiden tersebut.

"Kita juga menginisiasi semua badan usaha di Jakarta Utara agar ikut BPJamsostek agar para pekerja terlindungi dari risiko sosial seperti ini," ujarnya.

Ria Putri Amelia mengucapkam terima kasih kepada BPJamsostek yang peduli dengan suami, dan anaknya.

"Saya juga berterima kasih kepada PT Liberty Jaya. Saya minta maaf atas nama suami, jika ada kesalahan," ucap Ria.

Baca juga : Pulihkan Ekonomi Korban Kebakaran Plumpang, Relawan Sandi Uno Beri Bantuan

Berdasarkan hasil penelusuran tim LCT, dari keseluruhan korban insiden tersebut, tujuh di antaranya peserta aktif BPJamsostek, di mana seorang telah dipulangkan, lima orang masih menjalani perawatan dan seorang dinyatakan meninggal dunia.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Jakarta Kelapa Gading Erfan Kurniawan mengaku turut prihatin atas kejadian yang menimpa para korban di Plumpang Jakarta. Erfan mengatakan, sudah banyak kejadian yang menunjukkan pentingnya program BPJamsostek.

Karena, kata Erfan, setiap profesi pekerjaan memiliki risiko dan yang paling penting adalah setiap orang berhak untuk mendapatkan perlindungan social dan kesejahteraan. Pihaknya akan terus berkomitmen untuk terus mendorong para pekerja untuk mendapatkan perlindungan dan kesejahteraan.

"Seluruh lapisan masyarakat baik pekerja formal maupun informal diharapkan sudah terlindungi atas risiko kerja seperti kematian, kecelakaan dan hari tua," kata Erfan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.