Dark/Light Mode

DPR Kunjungi Korban Depot Plumpang

Pertamina Atasi Dampak Kebakaran

Selasa, 7 Maret 2023 07:45 WIB
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto (tengah berbatik) saat mengunjungi para korban kebakaran di Depot Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Senin (6/3/2023). (Foto: Isitmewa)
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto (tengah berbatik) saat mengunjungi para korban kebakaran di Depot Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Senin (6/3/2023). (Foto: Isitmewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto mengapresiasi respons cepat PT Pertamina (Persero) dalam menanggulangi dampak kebakaran Depot Plumpang di Jakarta Utara. Atas kesigapan Pertamina, distribusi bahan bakar minyak (BBM) bagi masyarakat tetap lancar. Penanganan korban kebakaran juga tertangani dengan baik.

“Kami apresiasi Pertamina sudah sangat cepat menekan dampak lebih luas dari kebakaran di Depot Plumpang. Distribusi BBM sejauh ini tetap lancar, tidak ada kendala. Dan yang lebih penting Pertamina sudah menangani dengan baik para pengungsi dan korban kebakaran ini,” kata Darmadi usai mengunjungi para korban kebakaran di Depot Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, kemarin.

Dia meminta agar kebijakan baik yang telah dilakukan Pertamina dalam menangani dampak kebakaran ini terus dilanjutkan. Terutama dari sisi psikologis para korban dan upaya pemulihan pasca kejadian. Pertamina juga harus terus memberikan perhatian dan memikirkan nasib korban dan keluarganya ke depan.

“Kebutuhan pokok mereka harus dipenuhi. Pendampingan kepada korban dan keluarga juga harus terus dilakukan,” jelas lulusan terbaik Doktor Ilmu Hukum Universitas Borobudur ini.

Baca juga : DKI Pastikan Kebutuhan Dasar Korban Kebakaran Plumpang Terpenuhi

Darmadi menyatakan turut berduka atas peristiwa yang terjadi di Plumpang ini. Darmadi yakin Pertamina telah menyiapkan solusi terbaik bagi masyarakat sekitar termasuk penggantian seluruh kerusakan yang diakibatkan kebakaran tersebut.

“Ini menjadi catatan penting bagi Pertamina untuk menyiapkan solusi yang baik agar kegiatan operasional tidak berada di area yang dekat dengan pemukiman warga. Bagaimanapun risikonya sangat tinggi,” jelas politisi senior PDI Perjuangan ini.

Managemen Risiko di Pertamina, saran Darmadi, sebaiknya dilakukan evaluasi secara total. Dia juga berharap warga yang terdampak insiden tersebut bisa segera mendapatkan hunian yang lebih layak.

“Harus direlokasi ke tempat yang jauh lebih aman agar kejadian serupa tak terulang kembali. Pertamina harus memastikan warga yang terdampak tersebut mendapat rumah pengganti dan dibantu pengobatannya hingga sembuh total,” tegasnya.

Baca juga : Direksi Pertamina Patra Niaga Komitmen Tanggung Jawab Penuh

Darmadi juga meminta agar Pertamina melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kegiatan operasional seluruh kilang minyak yang berada di bawah operasional Pertamina. Evaluasi ini penting agar kejadian di Depot Plumpang tidak sampai terulang ke tempat lainnya.

“Lakukan mitigasi dan relokasi warga di tempat lainnya juga yang pemukimannya dekat dengan area operasional Pertamina. Jangan menunggu korban dulu baru bergerak. Lakukan audit ke seluruh wilayah operasional di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza menilai, Pertamina perlu menata ulang dan melakukan evaluasi terhadap posisi depo yang berdekatan dengan pemukiman warga. Penataan ulang tersebut penting agar kejadian serupa tidak terulang kembali di masa mendatang.

“Sebaiknya juga mulai membicarakan mendesain, mengevaluasi keberadaan kilang maupun pemukiman di sekitarnya. Saya rasa itu penting untuk mengantisipasi kemungkinan lain yang yang mengakibatkan adanya korban di masa datang,” ujarnya.

Baca juga : Pelindo Turunkan Tim Bantu Warga Terdampak Kebakaran Plumpang

Selain itu, Politisi Fraksi PKB ini meminta Pertamina untuk memperhatikan kelayakan infrastruktur Depo Pertamina Plumpang. Lakukan peremajaan infrastruktur agar kejadian serupa tidak terulang “Tidak apa-apa spending lebih besar tapi demi keselamatan dan citra Pertamina sebaiknya ini dilakukan semaksimal mungkin,” tambah dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.