Dark/Light Mode

Genjot Kinerja, Bank BJB Andalkan Digitalisasi

Rabu, 28 Agustus 2019 16:00 WIB
Bank BJB mengembangkan aplikasi BJB Digi (Digitalisasi). (Foto: Istimewa).
Bank BJB mengembangkan aplikasi BJB Digi (Digitalisasi). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Digitalisasi jasa layanan keuangan menjadi salah satu senjata utama yang akan diandalkan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten (Bank BJB) untuk mengakselerasi kinerja.

Sejauh ini, Bank BJB telah melakukan berbagai langkah strategis guna merealisasikan rencana digitalisasi ini.

Salah satu langkah tersebut ialah dengan penambahan fitur pembayaran digital berbasis QR Code.

Berdasarkan rencana, sistem pembayaran tersebut akan diimplementasikan pada penghujung pekan ini. "Penerbitan layanan ini merupakan langkah Bank BJB untuk mengakselerasi kinerja di era digital. Diharapkan ini akan semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan yang kami berikan," kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB, M. Asadi Budiman dalam keterangan tertulis, Rabu (28/8).

Baca juga : Hoaks, Bank Mandiri Bangkrut dan Diambil China

QR Code tersebut terkoneksi dengan layanan digital banking bjb Digi. Pengguna bisa memakai fitur ini untuk melakukan transaksi nontunai.

QR Code Bank BJB telah diujicobakan pada 1.500 transaksi dan sudah sesuai QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang baru dikeluarkan Bank Indonesia.

Penggunaan digital banking ini menjadi salah satu strategi Bank BJB untuk mendongkrak rasio dana murah. Dengan kemudahan yang diberikan, diharapkan rasio CASA ini mengalami pertumbuhan.

Strategi digitalisasi tersebut didukung dengan dibentuknya Direktorat IT, Treasury dan International Banking.

Baca juga : Jadi Kota Modern, Telkom Ajak Rakyat Kalimantan Manfaatkan Digitalisasi

Direktorat baru ini berfokus untuk mengembangkan produk dan layanan produk digital guna mendorong ekspansi perseroan.

Kemudian, Bank BJB akan mengoptimalkan kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam bentuk elektronifikasi layanan pengelolaan keuangan daerah, antara lain digitalisasi layanan publik, digitalisasi Pemerintahan Daerah dan mendukung program smart city.

Beberapa program kolaborasi dengan Pemerintah Daerah yang telah berjalan antara lain layanan Pembayaran PBB-P2, E-Channel Samsat (E- Samsat), Tabungan Samsat (T-Samsat), Samsat Jawa Barat Ngabret/Bergerak Cepat (SAMSAT J’bret), Samsat Banten Hebat (SAMBAT), Internet Banking Corporate (IBC) dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP).

Inovasi juga dilakukan dalam layanan E-Tax bank bjb untuk menyetorkan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Baca juga : Gaet Suporter Persija, Bank DKI Perluas Transaksi Non Tunai

Kerjasama Bank BJB terkait Layanan Penerimaan Pajak Daerah dengan Provinsi DKI Jakarta dan 34 Kota dan Kabupaten wilayah Jawa Barat dan Banten serta 2 Kota di luar wilayah Jabar dan Banten (Kota Batam dan Kota Pekanbaru) khususnya layanan PBB-P2 membuat Wajib Pajak di wilayah tersebut dapat melakukan pembayaran PBB-P2 secara online melalui aplikasi bjb Digi.

Selain itu pembayaran pajak dapat dilakukan melalui seluruh channel Bank BJB antara lain Teller, ATM, dan EDC, melakukan pembayaran PBB melalui bank bjb tentunya memiliki kelebihan yaitu tidak ada pungutan biaya tambahan adminsitrasi.

Pembayaran juga dapat dilakukan di channel layanan yang sudah bekerjasama dengan bank bjb dan Pemerintah Daerah setempat melalui Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, PT Pos Indonesia.

Melalui program bjb BiSA, Bank BJB senantiasa mendekatkan diri kepada nasabahnya sebagai upaya dalam mendukung program branchless banking yang diusung oleh Otoritas Jasa Keuangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.