Dark/Light Mode

Triwulan II-2019, Kinerja Bank DKI Makin Kinclong

Selasa, 30 Juli 2019 08:42 WIB
Plt. Direktur Utama Bank DKI Sigit Prastowo (Foto: Humas Bank DKI)
Plt. Direktur Utama Bank DKI Sigit Prastowo (Foto: Humas Bank DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja Bank Pembangunan Daerah Jakarta, semakin baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan realisasi total kredit dan pembiayaan sebesar Rp29,5 triliun per Juni 2019 atau tumbuh 5,9 % dibanding periode sebelumnya sebesar Rp27,9 triliun. 

Demikian disampaikan Plt. Direktur Utama Bank DKI, Sigit Prastowo dalalm keterangan tertulisnya, Selasa (30/7).Pertumbuhan kredit Bank DKI didorong oleh kredit pada segmen UMKM yang tumbuh sebesar tumbuh 18,0% secara tahunan, dari Rp 1,1 triliun menjadi Rp 1,3 triliun.

”Pertumbuhan Kredit Segmen UMKM tersebut ditopang oleh pertumbuhan kredit mikro yang mencatatkan pertumbuhan 33,3% . Di mana per Juni 2019 tercatat sebesar Rp.843,0 miliar,”ujar Sigit.

Baca juga : Mega Luluhkan Prabowo, BG Makin Kinclong

Hal ini sejalan dengan strategi Bank DKI, di mana penyaluran kredit kepada UMKM menjadi fokus utama untuk dikembangkan. Berbagai program percepatan penyaluran kredit UMKM, khususnya kredit mikro telah dan akan terus dilakukan hingga saat ini. 

Seperti pada tanggal 25 Juli 2019 lalu, Bank DKI telah melakukan penandatanganan perjanjian kredit mikro secara massal kepada total 250 peserta program Pengembangan Ke wirausahaan Terpadu atau PKT, yang diwakili oleh 40 wirausahawan dalam acara Business Matching bersama Pemprov DKI Jakarta dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dari sisi Dana Pihak Ketiga, dana tabungan menunjukkan pertumbuhan yang baik sebesar 15,9% dari semula tercatat sebesar Rp 8,1 triliun menjadi sebesar Rp.9,4 triliun pada akhir Juni 2019. 

Baca juga : Bottas Ngebet Nyalip Hamilton

Pertumbuhan dana tabungan tersebut, mendorong peningkatan rasio dana murah yang ditunjukkan dari komposisi CASA per juni 2019 sebesar 54,5% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 50,9%. 

Adapun total aset per Juni 2019 tercatat sebesar Rp. 45,6 triliun. Berbagai pencapaian kinerja bisnis tersebut telah mendorong realisasi pencapaian laba bersih Bank DKI per Juni 2019 yang tercatat sebesar Rp 372,1 miliar atau tumbuh 4,4% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp356,4 miliar. Pertumbuhan laba bersih tersebut, ditopang oleh peningkatan pendapatan bunga bersih per Juni 2019 yang tercatat sebesar 8,9%. 

Sigit juga menambahkan, komposisi rasio keuangan periode Juni 2019 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 9,6%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,6%, dan Return On Asset (ROA) 2,2%. 

Baca juga : Serena Williams, Makin Tua Makin Bertaji

Untuk beban operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) masih tetap terjaga di angka 77,1%. Pertumbuhan penyaluran kredit juga dibarengi dengan perbaikan kualitas kredit yang ditandakan dengan rasio NPL Gross yang tercatat 3,8% per Juni 2018 menurun menjadi 3,3% per Juni 2019. [NOV]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :