Dark/Light Mode

Filianingsih Hendarta Sah Jadi Deputi Gubernur BI

Selasa, 18 April 2023 20:13 WIB
Filianingsih Hendarta disumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). (Foto: BI)
Filianingsih Hendarta disumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). (Foto: BI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Filianingsih Hendarta resmi dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) di hadapan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Sunarto, Selasa (18/4).

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan mohon selalu dukungan dari seluruh stakeholders dan masyarakat termasuk media massa dalam menjalankan tugasnya ke depan,” ungkap Filianingsih usai mengucapkan sumpah jabatan melalui siaran streaming YouTube BI, Selasa (18/4).

Baca juga : Berperan Di Koalisi Besar, Partai Perindo Bisa Jadi Penghubung KIB Dan KIR

Filianingsih ditetapkan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 21/P Tahun 2023 tanggal 15 Maret 2023. Masa jabatan ini berlaku selama lima tahun. 

Dengan demikian, susunan Dewan Gubernur Bank Indonesia menjadi sebagai berikut: Gubernur BI, Perry Warjiyo; Deputi Gubernur Senior, Destry Damayanti; Deputi Gubenur, Doni Primanto Joewono, Juda Agung,  Aida S Budiman dan Filianingsih Hendarta.

Baca juga : Israel Ditolak Lagi, Menpora Dito Mau Ketemu Gubernur Koster

Wanita yang akrab disapa Fili ini merupakan sosok yang berhasil mengawal Blueprint Sistem Pembayaran 2025. Ia juga memimpin Proyek Garuda Digital Rupiah untuk untuk menjaga kedaulatan rupiah di era digital termasuk penyusunan whitepaper.

Sosok Fili bukan orang baru di BI. Ia bergabung di bank sentral sejak 1986 dan merupakan pejabat senior di BI. Wanita kelahiran Surabaya, Jawa Timur ini juga meraih gelar Master di bidang Economics & Finance dari Boston University, USA pada 1992. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.