Dark/Light Mode

Berbagi Di Ramadan, PLN UIP JBB Kunjungi Yayasan Dan Panti Asuhan

Rabu, 19 April 2023 14:53 WIB
Program PLN berbagi kebahagian Ramadhan. (Foto: Ist)
Program PLN berbagi kebahagian Ramadhan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) menggelar program PLN Berbagi Kebahagiaan Ramadan yang berlangsung pada Minggu kedua April 2023.

Adapun, kegiatan tersebut berlokasi di yayasan yang tersebar di Jabodetabek, yakni Yayasan Tuna Netra, Panti Asuhan, serta Yayasan Pendidikan Islam di Jakarta Timur, Depok, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN UIP JBB, merangkap Ketua Tim TJSL PLN UIP JBB, Ratih Kusuma Dewi mengatakan, program bantuan ini hadir sebagai wujud kepedulian PLN kepada masyarakat sekitar, khususnya pada kaum rentan dan disabilitas di tengah komitmen PLN dalam menerangi negeri. Menurutnya, bantuan ini diberikan kepada lima yayasan dengan sasaran penerima manfaat yang berbeda-beda dengan satu harapan.

"Yaitu, menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar,” ujarnya, melalui siaran pers, Rabu (19/4).

Baca juga : Bamsoet Bagi Bingkisan Ramadan Di Purbalingga, Banjarnegara Dan Kebumen

Ia menuturkan, salah satu program yang dihelat adalah program PLN Mengajar dan Bantuan Fasilitas Pendidikan bagi pengurus dan anggota yayasan AL-Basyir. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan literasi di bidang pendidikan Agama Islam, melalui bantuan alat bantu disabilitas berupa kitab suci Al Qur'an Braille serta bantuan digitalisasi pendidikan. 

Acara ini berlangsung pada Jumat (14/4) bertempat di Yayasan Tuna Netra Al-Basyir. Ratih menambahkan, program Employee Volunteer Program ini akan menjadi event tematik yang akan terus digelar oleh PLN, sebagai wujud kontribusi sosial kepada masyarakat. 

Pihaknya akan terus berkomitmen, dalam melakasanakan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan di tengah rutinitas dalam membangun infrastruktur ketenagalistrikan di bumi pertiwi. "Di tahun ini, kami sudah memiliki beberapa program sosial kemasyarakatan tematik yang akan melibatkan seluruh pegawai PLN agar bisa berinteraksi dengan masyarakat,” ucapnya.

Salah satu penerima manfaat, Rasipan, berterima kasih karena mendapatkan bantuan peningkatan fasilitas pendidikan dari program TJSL Employee Volunteer Program PLN ini. “Kami selaku pengurus yayasan sangat bersyukur mendapatkan bantuan dari PLN, khususnya penyediaan fasilitas tongkat tuna netra dan Al Qur’an Braille,” ucapnya. 

Baca juga : Nia Ramadhani, Dipuji Suami Makin Cantik Di Hari Ultah

Selain itu, kegiatan PLN Mengajar juga berlangsung di Yayasan Al-Hadi di Gandul, Depok. Relawan PLN UIP JBB melakukan edukasi kelistrikan dengan diiringi games interaktif pada anak-anak yatim piatu di yayasan ini. 

Euforia nampak dari para santri sepanjang kegiatan berlangsung. Hal ini dibuktikan dari antusiasme peserta, seperti Ani dan Ahmad kala berhasil menjawab pertanyaan terkait PLN dan kegiatan di bulan Ramadhan. 

Bahkan, menjelang waktu buka puasa, keceriaan semakin bertambah dengan pemberian Al Qur’an dan perlengkapan sekolah yang dibagikan kepada yayasan.

Nuriyah, pengurus Yayasan Al Hadi menyampaikan, rasa syukurnya kepada PLN atas kepeduliannya kepada anak-anak yatim piatu di Gandul. "Terima kasih kami sampaikan kepada PLN, terlebih lagi pada seluruh relawan yang telah berbagi kebahagiaan dengan anak-anak hari ini," katanya.

Baca juga : Berbagi Kasih Ramadhan, PKT Salurkan Bantuan Rp 3,2 M Di Kota Bontang

Ia berharap, acara seperti ini diadakan setiap tahun, sehingga anak-anak yatim piatu di yayasan bisa mendapatkan fasilitas pendidikan yang mumpuni. "Hal ini tentunya bisa bermanfaat bagi mereka semua," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.