Dark/Light Mode

PLTGU Priok Pasok Listrik Istana Wapres, Bandara Halim Dan Bekasi

Rabu, 10 Mei 2023 14:17 WIB
Dari Kanan-Deputy General Manager Bidang Umum Indonesia Power PLTGU Priok Aryati, Plt Senior Manager Operasi dan Pemeliharaan PLN Indonesia Power Priok PGU Romadhoni Sigit Prakosa W, Chairman Energy and Mining Editor Society (E2S) Dudi Rahman dan Pemimpin Redaksi Fokus Energi Deddy Hassan di acara Media Gathering PLN Indonesia Power Priok PGU di Jakarta, Rabu (10/5/2023). (Foto: Fazry/RM)
Dari Kanan-Deputy General Manager Bidang Umum Indonesia Power PLTGU Priok Aryati, Plt Senior Manager Operasi dan Pemeliharaan PLN Indonesia Power Priok PGU Romadhoni Sigit Prakosa W, Chairman Energy and Mining Editor Society (E2S) Dudi Rahman dan Pemimpin Redaksi Fokus Energi Deddy Hassan di acara Media Gathering PLN Indonesia Power Priok PGU di Jakarta, Rabu (10/5/2023). (Foto: Fazry/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Priok memiliki peran penting karena memasok kebutuhan listrik di Istana Wakil Presiden (Wapres), Bandara Halim, dan pangkalan TNI Halim.

General Manager Priok Power Generation Unit Igan Subawa Putra mengatakan, selain memasok listrik di Istana Wapres, PLTGU Priok juga berperan mendukung 65 persen kebutuhan beban di subsistem Priok-Cawang-Bekasi.

"PLTGU Priok adalah pembangkit yang dikelola oleh PLN Indonesia Power di pantai utara Kota Jakarta," tutur Igan Subawa Putra dalam keterangan tertulis, Rabu, (10/5/2023).

Pembangkit yang ramah lingkungan ini memiliki kapasitas sebesar 2.723 MW dengan menggunakan gas alam atau Natural Gas Combined Cycle (NGCC) dan LNG sebagai bahan bakar.

Baca juga : BNPT Pastikan Sarana KTT ASEAN Penuhi Standar Keamanan

Pembangkit listrik ramah lingkungan terbesar di Asia Tenggara ini didukung dengan sistem pembakaran Dry Low Nitrogen Oksida (Nox) tipe Combuster di PLTGU, sehingga menghasilkan emisi gas buang pembangkit Nox ramah lingkungan.

"Ini komitmen PLN dalam mendukung program Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060," tegas Igan Subawa Putra.

Ditegaskan, keberadaan dan keandalan Pembangkit Listrik telah meraih Penghargaan Proper Emas dua kali kali berturut-turut pada tahun 2021 dan 2022.

PLN Indonesia Power Priok PGU juga mempunyai sub unit PLTD senayan yang memiliki peran penting dalam program anti blackout yaitu, sebagai backup power MRT dan inisiasi line charging untuk Blackstart PLTGU Priok Priok dan Muara Karang.

Baca juga : Didukung Pasokan Listrik Yang Andal, Festival Balon Udara Wonosobo Sukses Dan Meriah

"Saat ini pembangkit kami mendukung keandalan kelistrikan di sistem Jawa-Madura-Bali dengan program anti blackout dan fast respon system," imbuhnya.

Di tempat terpisah, Deputy General Manager Bidang Umum Indonesia Power UPJP Priok Aryati mengatakan, di beberapa tahun terakhir pembangkit tenaga listrik ramah lingkungan ini berhasil meraih berbagai prestasi mentereng.

Seperti Penghargaan Proper Emas di tahun 2021 dan 2022, Penghargaan Gold dari ISDA Award pada tahun 2019, 2020, dan 2021.

Penghargaan Bintang 5 TOP CSR Award, Penghargaan Zero Accident, serta Penghargaan Gold pada CSR & PDB Award di tahun 2023.

Baca juga : Pom Listrik Kapal Sandar PLN Bantu Doi Kromeng Dan Nelayan Di NTT

"Hal ini membuktikan bahwa PLTGU Priok tidak hanya concern untuk memastikan kehandalan listrik bagi Indonesia, namun juga memiliki komitmen untuk peduli terhadap masyarakat dan lingkungan," pungkas Aryati.

Plt Senior Manager Operasi dan Pemeliharaan PLN Indonesia Power Priok PGU Romadhoni Sigit Prakosa W menambahkan, pihaknya melakukan sejumlah upaya lainnya untuk menegaskan komitmen sebagai pembangkit ramah lingkungan.

Pertama, menggunakan panel surya guna mengurangi hingga 4 persen pemakaian listrik sendiri.

Selain itu, dengan menggandeng Mitsubishi Heavy Industries, pihaknya tengah mengkaji co-firing hidrogen di PLTGU tersebut. "Kajian itu masih terus kami lakukan," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.