Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati Hari Lingkungan Hidup

PNM Jadikan 10 Kampung Madani Pusat Edukasi Pilah Sampah

Selasa, 6 Juni 2023 17:45 WIB
Edukasi pemilahan sampah yang dilakukan PNM di Kampung Madani. (Foto: Dok. PNM)
Edukasi pemilahan sampah yang dilakukan PNM di Kampung Madani. (Foto: Dok. PNM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus berupaya melakukan edukasi kepada nasabah ultra mikro binaannya agar berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Edukasi ini dilakukan secara serentak di 10 titik Kampung Madani yang tersebar di seluruh Indonesia pada Senin-Rabu, 5-7 Juni 2023.

Kesepuluh kampung itu adalah Kampung Madani Desa Negeri Katon (Lampung), Kampung Madani Desa Cinta Rakyat (Kabanjahe), Kampung Madani Desa Waru (Balikpapan), Kampung Madani Desa Koronua (Kendari), Kampung Madani Desa Tambalang (Blitar), Kampung Madani Desa Kopeng (Semarang), Kampung Madani Desa Guntur (Wonogiri), Kampung Madani Terusan (Pontianak), Kampung Madani Cibodas (Cimahi), dan Kampung Madani Desa Tumpuk (Pacitan).

Baca juga : Menteri Siti Anugerahkan Kalpataru Kepada 11 Tokoh

“Kampung Madani merupakan konsep kampung binaan yang mengintegrasikan aspek sosial ekonomi dan pendidikan dengan mengajak nasabah serta masyarakat lokal berperan aktif dalam mengelola desanya. Program ini juga merupakan implementasi Sustainable Development Goals (SDGs),” papar Direktur Bisnis PNM Tjatur H Priyono, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (6/6).

Edukasi dilakukan dengan berkolaborasi dengan Pegadaian sebagai bagian dari Holding Ultra Mikro. Edukasi ini bertema MengEMASkan Kampung Madani. Sebanyak 1.000 nasabah PNM Mekaar yang ikut diharapkan mendapat literasi mengenai manfaat ekonomi dari pemilahan sampah. Edukasi ini disampaikan pemateri dari Bank Sampah binaan Pegadaian bernama Forum Sahabat Emas Peduli Sampah Indonesia (FORSEPSI).

Baca juga : 10 Contoh Caption Hari Lingkungan Hidup Sedunia Buat Postingan Sosmed

Tjatur menyatakan, komitmen PNM untuk memberdayakan masyarakat bukan hanya modal sosial, tetapi juga intelektual dan sosial. “PNM akan terus meningkatkan integrasi dan kolaborasi dalam peningkatan ekonomi dari dampak pengelolaan sampah. Jadi nasabah tidak hanya mendapatkan modal usaha tetapi juga literasi yang bisa menambah value mereka,” jelasnya.

PNM sebagai perusahaan yang telah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp 24 triliun kepada nasabah (periode Januari-April 2023), berkomitmen untuk terus tumbuh dan menginspirasi dengan memberikan kontribusi mendukung pencapaian SDG’s. Selain membangun kepedulian atas lingkungan yang bersih dan sehat, peningkatan ekonomi atas dampak pemilahan sampah juga mendukung tujuan SDGs dalam aspek konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.