Dark/Light Mode

Menperin Tantang Toyota Ekspor Yaris Cross Ke Australia

Selasa, 13 Juni 2023 15:45 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita melepas ekspor perdana Toyota Yaris Cross. (Foto: Ist)
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita melepas ekspor perdana Toyota Yaris Cross. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menantang PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ekspor Yaris Cross ke Australia.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita Peresmian Produksi dan Ekspor Toyota Yaris Cross, di Pabrik TMMIN 1 dan 2 di Karawang, Jawa Barat, Selasa (13/6).

Agus mengatakan, Kementerian Perindustrian mendukung target ekspor Yaris Cross PT Toyota Indonesia versi bensin dan HEV pada tahun 2023 sebanyak 22.000 unit. Jumlah ini mencapai 60 persen dari total volume produksi ke negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Asia. 

Baca juga : Dukung Jokowi Stop Ekspor Bauksit, Imin: Keputusan Bagus!

“Diharapkan, jumlah unit ekspor Yaris Cross akan terus meningkat dari tahun ke tahun dan yang paling utama adalah berhasil menembus Pasar Australia,” ujarnya.

Menurut dia, Toyota menjadi kendaraan dengan market share tertinggi di Australia dengan penjualan pada tahun 2022 sebesar 231.050 unit atau 21,36 persen. Saat ini, Toyota Indonesia telah berhasil mengirimkan 1.209 unit Fortuner sejak peluncuran ekspor perdana oleh Bapak Presiden pada 15 Februari 2022 yang lalu.

Menanggapi permintaan Agus, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono mengatakan, pihaknya siap meningkatkan ekspor ke Australia.

Baca juga : Menperin Ajak Daihatsu Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik Di ASEAN

“Kami siap. Tinggal melakukan penyesuaian pada  modelnya, seperti pada Fortuner,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka.

Direktur Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam mengatakan, ekspor Yaris Cross akan terus meningkat dari tahun ke tahun dengan target sekitar 40.000 unit di 2025. Kehadiran Yaris Cross di pasar domestik dan internasional, juga dapat memberikan andil bagi upaya Pemerintah dalam meningkatkan nilai neraca dagang nasional.

Menurut Bob, Toyota juga mencanangkan target peningkatan volume ekspor kendaraan bermerek Toyota sebesar 5 persen di angka 316.000 unit di penghujung tahun 2023. Selain meningkatkan volume ekspor, pada tahun ini Toyota Indonesia juga akan melakukan ekspansi negara-negara tujuan ekspor produk buatan SDM bangsa terutama Kawasan Afrika yang semakin berkembang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.