Dark/Light Mode

Kemenkop UKM Fasilitasi UMKM Ekspor Go Global Di Ajang JaKreatiFest 2023

Sabtu, 17 Juni 2023 11:37 WIB
Ajang JaKeeatiFest 2023. (Foto: Dok Kemenkop UKM)
Ajang JaKeeatiFest 2023. (Foto: Dok Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) memfasilitasi UMKM dalam bidang ekspor, agar terus tumbuh dan memperluas pasarnya hingga skala global.

Salah satunya melalui dukungan atas terselenggaranya JaKreatiFest (JKF) 2023, yang menjadi wadah pemberdayaan UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat.

Baca juga : Dukung UMKM Naik Kelas, BI DKI Jakarta Kembali Gelar JaKreatifest

JaKreatiFest 2023 merupakan event kolaborasi Bank Indonesia (BI) melalui Kantor Perwakilan (KPw) BI DKI Jakarta, bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, KemenKopUKM, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Tak hanya itu, JaKreatiFest 2023 juga menjadi rangkaian acara jelang Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-496.

Baca juga : Kemenkop UKM Sabet 2 Penghargaan Dari BKN Award 2023

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengapresiasi digelarnya JaKreatiFest 2023 dengan tujuan, agar UMKM Tanah Air menjadi pusat ekonomi dan bisnis UMKM berskala global.

Untuk itu berbagai upaya perlu didorong agar pertumbuhan kontribusi ekspor non-migas Indonesia dari produk UMKM.

Baca juga : Ketua Umum IMI Apresiasi Jakpro Gandeng KPK Awasi Formula E 2023

Di mana saat ini, UMKM Indonesia memiliki kontribusi sebesar 15,7 persen terhadap total ekspor non-migas walaupun masih tergolong rendah dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.