Dark/Light Mode

Tol Serang-Panimbang Ditargetkan Rampung Maret 2024

Senin, 19 Juni 2023 14:39 WIB
Tenaga Ahli Utama Kedeputian I KSP, Helson Siagian, dalam rapat koordinasi dan kunjungan lapangan ke PSN Jalan Tol Serang-Panimbang, di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu (17/6). (Foto: Ist)
Tenaga Ahli Utama Kedeputian I KSP, Helson Siagian, dalam rapat koordinasi dan kunjungan lapangan ke PSN Jalan Tol Serang-Panimbang, di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu (17/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menargetkan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Serang-Panimbang (Serpan) rampung pada Maret 2024.

Jalan tol sejauh 83,67 kilometer tersebut diharapkan dapat meningkatkan akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon, serta memacu pengembangan wilayah dan pemerataan pembangunan, khususnya di Banten Selatan. 

Tol Serpan terdiri dari tiga seksi. Seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung, Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 Cileles-Panimbang. Seksi 1 sendiri telah diresmikan dan beroperasi sejak 16 November 2021.

Baca juga : Segera Tayang Season 2, Ini Dia Kesamaan Naura Dengan Karakter Rea

Sementara Seksi 2, saat ini proses pembangunannya sudah mencapai 70 persen untuk pengadaan tanah, dan 51 persen untuk pengerjaan konstruksi. Sedangkan pada Seksi 3, pengadaan tanah mencapai 78 persen, dan pengerjaan konstruksi baru 13 persen. 

“Memang ada sedikit penyesuaian dari jadwal semula. Tapi kami (KSP) sedang mengevaluasi kemungkinan-kemungkinan percepatannya," kata Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian, di gedung Bina Graha Jakarta, Senin (19/6). 

Helson mengungkapkan, dari hasil monitoring dan evaluasi di lapangan, KSP mendapati masih ada beberapa persoalan yang masih mengganjal proses pembangunan Tol Serpan, yakni terkait pembebasan lahan dan pendanaan untuk penyelesaian konstruksi pada Seksi 3B. 

Baca juga : Gerakan Sekolah Adiwiyata Ditargetkan Jadi Embrio 20 Ribu Kampung Iklim Tahun 2025

“Semula pembebasan lahan sebenarnya sudah hampir selesai. Tapi belakangan ada kebutuhan lahan tambahan sehingga butuh waktu lagi untuk penyelesaiannya. Terkait pendanaan di Seksi 3B, pemerintah masih mencari sumber pendanaan alternatif,” jelasnya. 

Sebagai informasi, pada Sabtu 17 Juni 2023, KSP melakukan rapat koordinasi serta kunjungan lapangan terkait PSN Tol Serang-Panimbang (Serpan), di Rangkasbitung, Lebak. 

Rapat koordinasi dihadiri Asisten Deputi Infrastruktur Dasar Kemenko Marves, Rahman Hidayat, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Sudaryanto, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Banten, Wahyu Supriyo Winurseto, dan Direktur Utama PT Wijaya Karya Serang Panimbang, Iwan Juliansyah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.