Dark/Light Mode

Sukses Salurkan Pembiayaan Di Sektor Perumahan, BTN Syariah Raih Penghargaan Euromoney Awards

Kamis, 22 Juni 2023 10:14 WIB
BTN Syariah saat menerima penghargaan Euromoney Awards 2023 di Dubai. (Foto: Dok. BTN Syariah)
BTN Syariah saat menerima penghargaan Euromoney Awards 2023 di Dubai. (Foto: Dok. BTN Syariah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Unit Usaha Syariah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN Syariah sukses meraih penghargaan internasional sebagai The Best Islamic Project Finance House 2023.

Penghargaan tersebut diraih di ajang Euromoney Awards or Excellence 2023 di Dubai. BTN Syariah dinilai sukses memberikan pembiayaan di sektor perumahan.

Direktur Consumer Bank BTN Hirwandi Gafar mengatakan, sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh Euromoney kepada BTN Syariah.

Apresiasi positif tersebut menjadi angin segar bagi BTN Syariah di tengah upaya perseroan terus menyalurkan pembiayaan di sektor perumahan.

Baca juga : Layanan Unggul, BRI Raih Penghargaan Asiamoney Trade Finance Survey 2023

“Kami akan terus memacu kinerja dan pelayanan BTN Syariah sehingga dapat lebih banyak memberikan manfaat bagi seluruh kelompok masyarakat Indonesia khususnya dalam membantu mereka memiliki rumah melalui skema syariah, termasuk para milenial,” ujar Hirwandi dalam keterangan resminya, Kamis (22/6).

Menurut Hirwandi, penghargaan yang diberikan oleh lembaga internasional seperti Euromoney, dikarenakan peran BTN Syariah yang sangat signifikan dalam pembiayaan perumahan berbasis syariah di Indonesia.

BTN Syariah, lanjutnya, memberikan pembiayaan perumahan dari hulu ke hilir. Mulai dari pembiayaan pemilikan rumah (KPR) bagi seluruh kalangan seperti kaum milenial, kelas menengah, hingga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Hirwandi mengatakan, fasilitas khusus yang disediakan BTN Syariah bagi milenial untuk memiliki rumah yakni BTN HITS (Hijrah to Syariah). Layanan KPR Unit Usaha Syariah (UUS) BTN juga menggunakan skema Musyarakah Mutanaqisah.

Baca juga : Ganjar Bakal Kembangkan Kebudayaan Sektor Pariwisata Hingga Ekonomi

“Skema tersebut membuat masyarakat dapat membayar angsuran secara berjenjang sesuai kesepakatan dengan bank. Selain itu, BTN Syariah juga memberikan pembiayaan untuk kepemilikan lahan, kontruksi rumah, hingga untuk renovasi rumah,” ungkapnya.

Hirwandi mengatakan, dengan berbagai strategi dalam pembiayaan perumahan tersebut, BTN Syariah sukses menguasai pasar di Indonesia.

Per Desember 2022, BTN Syariah menguasai 81 persen pangsa pasar pembiayaan perumahan subsidi dibandingkan bank syariah lainnya di Indonesia.

“BTN Syariah juga terus menggelar berbagai inisiatif untuk meningkatkan pembiayaan perumahan subsidi mulai dari kerja sama berbasis komunitas hingga berkolaborasi dengan stakeholder,” tegasnya.

Baca juga : Bangun Kemitraan, Telin Telkom Perluas Jaringan Global

Dengan seluruh kinerja dan inisiatif tersebut, UUS BTN mencatatkan pertumbuhan laba bersih dari akhir 2020 ke akhir 2022 (Compound Annual Growth Rate/CAGR) sebesar 57,2 persen. Pada periode tersebut, Aset BTN Syariah juga tumbuh positif (CAGR) sebesar 16,7 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.