Dark/Light Mode

Cadangan Devisa RI Juni Turun Jadi Rp 2.082 T

Jumat, 7 Juli 2023 11:31 WIB
Bank Indonesia. (Foto: Ist)
Bank Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2023 sebesar 137,5 miliar dolar AS atau Rp 2.082 triliun. Jumlah ini menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir Mei 2023 sebesar 139,3 miliar dolar AS atau Rp 2.109 per dolar AS.

Baca juga : SIM Keliling Depok Kamis 5 Juli, Hadir Di 2 Lokasi

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono mengatakan, penurunan posisi cadangan devisa tersebut dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Baca juga : Harga Emas Naik Rp 4.000 Jadi Rp 1.058.000 Per Gram

“Cadangan devisa tersebut tetap mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” ujarnya.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 30 Juni, Hadir Di 2 Lokasi

Ke depan, kata dia, BI memandang cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga. Hal ini seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh BI dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.