Dark/Light Mode

Kemenkop UKM Teken MoU Dengan IFI, Promosikan Fesyen Lokal Ke Pasar Global

Rabu, 26 Juli 2023 10:38 WIB
Kemenkop UKM, Pintu Inkubator dan IFI  bekerja sama dalam mempromosikan fesyen ke pasar global. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Kemenkop UKM, Pintu Inkubator dan IFI bekerja sama dalam mempromosikan fesyen ke pasar global. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Sebagai bagian dari branding Indonesia sebagai pusat fesyen, Pemerintah sedang mempromosikan Indonesia sebagai pusat modest fesyen dunia, antara lain melalui program Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTION FEST).

MoU yang ditandatangani hari ini diharapkan juga membuka pintu dukungan para disainer Prancis untuk program IN2MOTION FEST.

“Semoga kerja sama ini dapat mencapai hasil yang diharapkan dan mendorong percepatan pengembangan UMKM sektor fesyen,” kata Teten.

Baca juga : Teken MoU, KLHK Dan OJK Mantapkan Penyiapan Bursa Karbon

MoU tersebut berlaku dalam jangka waktu tiga tahun terhitung sejak hari dan tanggal penandatanganan dan dapat diperpanjang atau diperbaharui sesuai kesepakatan pihak terkait.

Sebelumnya, Inisiator Pintu Incubator Thresia Mareta menjelaskan, saat ini terdapat lebih dari 500 brand lokal yang telah melakukan registrasi untuk mengikuti program Pintu Incubator 2023.

Setelah melalui proses kurasi, terpilih sebanyak 12 brand yang akan mengikuti proses inkubasi selanjutnya.

Baca juga : Green Job, Tren Pekerjaan Masa Depan, Juaranya Solar Photovoltaic

Thresia juga berharap, akan terjadi transfer pengetahuan dan bisa saling belajar antara desainer fesyen Indonesia dan Prancis.

Hubungan kolaborasi yang saling menguntungkan, karena mereka juga tertarik untuk mempelajari keunikan ragam fesyen di Indonesia.

“Para desainer Indonesia butuh banyak masukan terkait ekosistem pasar global. Mulai dari produk standar internasional, hingga seperti apa sosok industri dan bisnisnya,” katanya.

Baca juga : Literasi Tinggi Akan Hasilkan Inovasi & Produk Kompetitif Di Pasar Global

Dengan adanya MoU yang disepakati tersebut, Thresia meyakini akan memiliki kesempatan bekerja sama dengan ekosistem fesyen global, yang lebih profesional serta menjadi bagian dari ekosistem industri fesyen global.

Thresia menambahkan, di saat yang bersamaan bisa saling mempromosikan karya, sekaligus memperkenalkan perajin, dan para pelaku UMKM fesyen Indonesia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.