Dark/Light Mode

Telkom Perluas Konektivitas Digital Untuk Kerek Ekonomi UMKM

Kamis, 7 September 2023 00:18 WIB
Markas TelkomGroup di Jjakarta
Markas TelkomGroup di Jjakarta

RM.id  Rakyat Merdeka - TelkomGroup terus memperluas akselerasi digital dan inklusi keuangan khususnya pada sektor UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian. Telkom ikut memegang peranan penting dalam membangun konektivitas digital di Indonesia serta memperluas akselerasi melalui Indibiz. 

Indibiz akan menjadi platform yang berfokus untuk meningkatkan keterampilan dan berkolaborasi dalam ekosistem untuk meningkatkan kapabilitas UMKM dan inklusivitas digital Indonesia. 

Baca juga : Wamen Rosan: Inklusivitas Keuangan Digital Pacu Ekonomi Berkelanjutan

Direktur Enterprise dan Business Service Telkom, FM Venusiana mengatakan Indibiz akan menjadi solusi untuk menaikkelaskan UKM Indonesia melalui 4 pilar yaitu, solusi platform dan layanan digital, kolaborasi dengan startup atau developer yang fokus menyediakan produk-produk dan solusi untuk UKM, kolaborasi pembiayan dengan lembaga keuangan, serta kolaborasi dengan komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas UKM. 

"Diharapkan dengan solusi end-to-end yang ada di ekosistem Indibiz dapat meningkatkan daya saing dan mendigitalisasi UKM Indonesia," ujar Venusiana dalam keterangannya, Rabu (6/9). 

Baca juga : Gelar Rakornas, Japelidi Komit Tingkatkan Literasi Digital Indonesia

Selain Indibiz, Telkom juga terus mendukung peningkatan akselerasi digital demi memperluas inklusi keuangan di Indonesia melalui cakupan konektivitas TelkomGroup yang telah menjangkau lebih dari 98% penduduk Indonesia. 

Transfromasi ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat data center di kawasan ASEAN dengan memiliki 30 fasilitas data center (25 domestik & 5 luar negeri) dan tersebar di 4 negara (Indonesia, Singapura, Hong Kong, dan Timor Leste) dengan klasifikasi Tier 3 dan Tier 4. 

Baca juga : Wamen Rosan: Layanan Keuangan Digital Dorong Pertumbuhan Ekonomi ASEAN

Telkom juga menghadirkan Digico sebagai akselerator digitalisasi perusahaan dengan menyediakan produk-produk prioritas untuk mendukung kemajuan digitalisasi masyarakat. 

“Dalam hal ini, kemajuan digitalisasi Indonesia akan selalu menjadi fokus utama Telkom untuk mendukung kemajuan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan,” tandasnya. 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.