Dark/Light Mode

Gelar Inabuyer EV Expo 2023

Kemenkop UKM Dukung Perkembangan Industri Sepeda Motor Listrik Lokal

Sabtu, 28 Oktober 2023 10:45 WIB
Gelaran Inabuyer EV Expo 2023 yang digelar di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Jumat (27/10). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Gelaran Inabuyer EV Expo 2023 yang digelar di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Jumat (27/10). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyambut baik dan memberikan dukungannya terhadap inisiatif Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) dalam penyelenggaraan kegiatan Inabuyer EV Expo 2023.

Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman meyakini, penyelenggaraan Inabuyer EV Expo 2023 tersebut mampu memperkuat UMKM dengan membangun ekosistem, serta mendukung perkembangan industri sepeda motor listrik buatan lokal dalam peningkatan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri), untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi.

Hal ini sejalan dengan upaya mewujudkan future SME di bidang Technology, Green, dan kreatif di bidang otomotif.

Baca juga : Kemenperin Kebut Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik

“Pemerintah berkomitmen untuk terus memperkuat UMKM melalui pengembangan ekosistem yang mendukung, serta memajukan industri sepeda motor listrik lokal demi meningkatkan TKDN dan kapasitas produksi,” ucap Hanung dalam konferensi pers penyelenggaraan Inabuyer EV Expo 2023 di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Jumat (27/10).

Inabuyer EV Expo 2023 ini, kata Hanung, sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraam Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Saya harap kemitraan ini terbangun pada level yang sama, saling menguntungkan, dan bermanfaat antara kedua belah pihak, memfasilitasi UKM dalam rantai pasok utama, serta mendorong transfer teknologi dan peningkatan kualitas produk UKM,” ujarnya.

Baca juga : Bamsoet Dorong Perkembangan Industri Alat Kesehatan Nasional

Hanung mengatakan, adanya Inabuyer EV Expo yang menampilkan pameran sepeda motor listrik dan produk UMKM lokal, serta berbagai acara pendukung seperti business matching, talkshow, serta workshop.

“Kami juga berharap para UMKM yang hadir dapat membuka peluang usaha baru bagi UMKM penyedia dealer, bengkel konversi, penyedia stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), dan penyedia komponen industri lainnya,” kata Hanung.

Terkait hal ini, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) Budi Setiyadi menyebut, tren pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia terus meningkat.

Baca juga : Teten Apresiasi MoU Korea Dan Indonesia Dukung Industri Kendaraan Listrik Dalam Negeri

Sejak 2018-2023 dari yang hanya 9 Agen Pemegang Merek (APM), saat ini dari data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebanyak 52 perusahaan telah mengajukan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan sebanyak 48 pabrik juga telah mengajukan Izin Usaha Industri (IUI) di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.