Dark/Light Mode

Insentif PPN Rumah Diyakini Dongkrak Kinerja BNI Griya

Rabu, 15 November 2023 13:36 WIB
BNI optimis insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah PPN DTP akan meningkatkan gairah masyarakat untuk membeli rumah. (Ilustrasi Istimewa)
BNI optimis insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah PPN DTP akan meningkatkan gairah masyarakat untuk membeli rumah. (Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI optimistis insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) akan meningkatkan gairah masyarakat untuk membeli rumah.

Hal ini akan berdampak baik pula pada kinerja BNI Griya, sehingga perseroan mampu memenuhi target kredit tahun ini.

Adapun insentif Pemerintah ini akan menanggung 100 persen PPN pembelian rumah yang harganya di bawah Rp 2 miliar, dan mulai berlaku awal November 2023.

Baca juga : Harga Rumah Di Bawah Rp 2 Miliar Naik, BTN Sebut Momentum Positif Dongkrak Kinerja

Direktur Retail Banking BNI Putrama Wahju Setyawan mengatakan, perseroan menilai kebijakan insentif tersebut akan berdampak terhadap meningkatnya minat masyarakat untuk memiliki rumah sekaligus mendorong pertumbuhan bisnis KPR perbankan.

Terlebih, segmen yang ditargetkan oleh pemerintah adalah primary market yang kebutuhannya masih sangat tinggi.

Ia menilai, implementasi kebijakan insentif PPN sebelumnya yang berlaku pada 2021-2022 telah memberikan dampak terhadap peningkatan permintaan KPR di kisaran 5 persen hingga 20 persen.

Baca juga : Syifa Hadju, Dijodohin Dengan Kenalan Ibunda

“Tentu dampak positif dari insentif kali ini akan sama dan bahkan bisa lebih baik karena kondisi pasarnya juga sangat baik. Kami pun akan terus mendorong pertumbuhan BNI Griya yang pada 2023 ditargetkan tumbuh di atas 10 persen, dan di tahun depan kami berharap tren yang positif ini dapat berlanjut," ucapnya di Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Putrama melanjutkan, perseroan terus menjalin kerja sama dengan Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional atau Perum Perumnas, serta developer rumah lainnya untuk dapat terus menjawab kebutuhan pengurangan backlog nasional.

Di samping itu, perseroan terus mengoptimalkan kanal digital dalam rangka mempermudah akses produk KPR bagi masyarakat melalui platform BNI DigiGriya.

Baca juga : Insentif Pemerintah Di Sektor Properti, Diyakini Dongkrak KPR BTN Double Digit

Lewat platform ini, nasabah dapat dengan mudah melakukan pencarian properti di wilayah mana pun dan kapan pun.

“Selain itu nasabah juga dapat langsung terhubung dengan tenaga pemasar untuk konsultasi, serta langsung terhubung dengan e-form BNI untuk pengajuan KPR. Semua terintegrasi dalam 1 platform saja,” ujar Putrama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.