Dark/Light Mode

UMKM Tangguh Berkibar Apresiasi Krisna Oleh-oleh Resmi Hadir di Yogyakarta

Rabu, 5 Juni 2024 10:19 WIB
UMKM Koperasi Tangguh Berkibar (TB) Tangerang Selatan (Tangsel), Ancilla Yanny Irmella mengapresiasi kehadiran Krisna Oleh-oleh Nusantara di Yogyakarta.(Foto: Istimewa)
UMKM Koperasi Tangguh Berkibar (TB) Tangerang Selatan (Tangsel), Ancilla Yanny Irmella mengapresiasi kehadiran Krisna Oleh-oleh Nusantara di Yogyakarta.(Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembina Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Koperasi Tangguh Berkibar (TB) Tangerang Selatan (Tangsel), Ancilla Yanny Irmella mengapresiasi kehadiran Krisna Oleh-oleh Nusantara di Yogyakarta yang merupakan cabang dari toko oleh-oleh terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara yaitu Krisna Bali.

Menurut Ancilla, kehadiran toko Oleh-oleh Nusantara itu sangat membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan produk dan meningkatkan potensi pemasaran produk-produk UMKM melalui jaringan yang dimiliki Krisna khususnya di setiap daerah di seluruh Indonesia.

“Hal ini memperkuat dan meningkatkan perekonomian para UMKM di sektor pemasaran ke setiap daerah. Secara keseluruhan, kehadiran Krisna Oleh-oleh Nusantara dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam membangun industri pariwisata dan perekonomian UMKM di Indonesia,” ujar Ancilla dalam keterangannya, Selasa (4/6/2024).

Ia berharap Krisna Oleh-oleh Nusantara dapat terus berkembang dan sukses, serta dapat membuka cabang di kota-kota besar lainnya untuk mengangkat UMKM lokal naik kelas, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga sampai ke mancanegara.

Ia berharap semakin sukses dan berkembang untuk memperluas wilayahnya dalam mengangkat produk UMKM di Indonesia, sehingga produk-produk anak bangsa melalui UMKM semakin maju dan dikenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Oleh karena itu, mari kita mendukung dan mempromosikan produk-produk UMKM lokal di Yogyakarta serta Indonesia secara keseluruhan," ucap Ancilla.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota Rabu 5 Juni, Hadir Di 2 Lokasi

Sementara itu, Ketua UMKM TB Tangsel Adiansyah yang turut mengapresiasi kegigihan dan komitmen Gusti Ngurah Anom atau yang dikenal dengan Ajik Krisna untuk mengangkat produk-produk UMKM yang ada di daerah.

"Kami seluruh jajaran kepengurusan UMKM Tangguh Berkibar Tangerang Selatan sangat apresiasi atas perjuangan dan kegigihan owner Krisna Oleh-oleh Nusantara yang selama ini sangat berkomitmen mengangkat produk UMKM di setiap wilayah di Indonesia." ucap Adiansyah.

Ia bersyukur dan mengaku bangga produk-produk dari UMKM Tangguh Berkibar turut meramaikan produk yang dipasarkan di Krisna Oleh-oleh Nusantara Yogyakarta ini.

“Ini merupakan suatu kebanggaan kami, sejak diterima di Krisna Oleh-oleh Nusantara, produk-produk UMKM Tangguh Berkibar Tangsel semakin mudah pemasarannya karena ada dan dipajangkan di Gerai-gerai milik Ajik Krisna,” bebernya.

Lebih lanjut Adiansyah mengatakan,  pembukaan cabang di daerah ini menjadi momentum bagi UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang. Ia pun berharap melalui gerai ini dapat memberikan kesejahteraan bagi UMKM lokal dan menyerap lapangan kerja baru khususnya bagi warga lokal.

"Kami berharap produk UMKM Tangsel dan produk UMKM lainnya di setiap wilayah di Indonesia terus berkembang dan semakin mudah dalam pemasarannya," ucapnya.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta Selasa 4 Juni, Hadir Di 5 Lokasi

Melalui gerai Krisna Oleh-oleh Nusantara ini menjadi sebuah momentum bagi pelaku UMKM dimanapun berada untuk dapat mengembangkan produk-produk yang diproduksi.

"Semoga gerai Krisna Oleh-oleh Nusantara di Yogyakarta ini semakin berkembang maju dan terus mendukung ekonomi rakyat melalui UMKM,"ucap Adiansyah.

Diketahui, Toko Krisna Oleh-oleh resmi membuka cabang pertamanya di Mal Malioboro, Jalan Mataram, Suryatmajan, Yogyakarta, Jumat (31/5/2024) malam.

Keberadaan Krisna Oleh-oleh Nusantara ini berawal dari kerja sama Krisna dengan Koperasi Radha Krisna menggunakan dana bergulir Pusat Pengelolaan Dana Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM). Direktur Utama (Dirut) LPDB-KUMKM, Supomo, menyatakan bahwa LPDB-KUMKM akan terus memberikan permodalan kepada koperasi yang bergerak di sektor produktif.

Supomo menambahkan, dibukanya cabang Krisna ini memberikan efek berganda, tidak hanya bagi UMKM melainkan juga berimbas positif terhadap industri pariwisata, pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja.

"Kehadiran Krisna Oleh-oleh Nusantara di Yogya juga diharapkan dapat memberikan dampak positif pada industri pariwisata dan perekonomian UMKM serta anggota koperasi, karena adanya multiplier effect ekonomi maka laju perekonomian semakin meningkat, lapangan kerja terbuka, dan angka kemiskinan menurun,” jelas Supomo.

Baca juga : SIM Keliling Depok Selasa 4 Juni, Hadir Di 2 Lokasi

Sementara itu, pendiri Krisna Oleh-oleh Nusantara Ajik Krisna menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi peran pemerintah khususnya Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Sosial, Kementerian Pariwisata, dan Pemerintah Daerah karena telah yang menyambut baik kehadiran Krisna di Yogyakarta.

"Berkat kontribusi nyata ini, kami akan terus mengembangkan dengan bekerja sama membangun industri pariwisata di Indonesia," ucapnya.

Ajik mengaku siap mewadahi UMKM potensial di Yogya, termasuk karyawan penyandang disabilitas.

"Kami mewadahi UMKM untuk potensi suvenir, kuliner oleh-oleh Nusantara khususnya Yogya. UMKM yang bergabung 83 persen atau sekitar 180 UMKM dari DIY dan sekitarnya, sedang 100-an karyawan semua dari Yogya," ucap Ajik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.