Dark/Light Mode

Siapkan Fasilitas Pendidikan, FKPU Hadir Di Kota Jababeka Cikarang

Kamis, 6 Juni 2024 18:52 WIB
Kota Jababeka Cikarang menyediakan sarana yang mendukung pendidikan dan kemajuan penghuni serta masyarakat sekitar. (Foto: Dok. Jababeka Cikarang)
Kota Jababeka Cikarang menyediakan sarana yang mendukung pendidikan dan kemajuan penghuni serta masyarakat sekitar. (Foto: Dok. Jababeka Cikarang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lokasi hunian keluarga ideal sepatutnya mempertimbangkan berbagai faktor guna memastikan kenyamanan, kemudahan, dan kesejahteraan penghuni.

Kedekatan dan kelengkapan sarana kesehatan contohnya, diperlukan agar memastikan akses cepat ke layanan medis, dan tak kalah penting kedekatan menuju sarana pendidikan seluruh jenjang mulai dari prasekolah hingga perguruan tinggi demi menunjang efisiensi waktu dan biaya.

Terletak di timur Jakarta, Kota Jababeka Cikarang menyediakan sarana yang mendukung kesejahteraan dan kemajuan penghuni serta masyarakat sekitar.

Sebuah hunian keluarga harus menjadi tempat yang nyaman, aman, dan mendukung kualitas hidup yang baik.

"Lokasi yang strategis dan akses ke berbagai fasilitas ini akan memastikan bahwa kebutuhan harian mudah dipenuhi dan gaya hidup sehat serta aktif dapat dijaga, Jababeka Residence dapat memenuhinya” ujar Ferry Thahir, Senior General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence," dalam keterangannya, Kamis (6/6/2024).

Terkini, Kota Jababeka telah menghadirkan 25 rumah sakit dengan lebih dari 4.000 tempat tidur, yang melayani lebih dari 2.000 perusahaan nasional dan multinasional dari 34 negara asing.

Dengan sekitar satu juta tenaga kerja yang bekerja di kawasan ini sehingga fasilitas kesehatan yang memadai menjadi sangat krusial.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor Kamis 6 Juni, Hadir Di SPBU Cibanteng

Kota Jababeka juga memiliki dua institusi pendidikan tinggi yakni President University yang merupakan sebuah universitas berstandar internasional, serta pendidikan tinggi lainnya yakni Politeknik Akademi Tehnik Mesin Industri (ATMI).

President University yang ada di dalam Kota Jababeka baru-baru ini meluncurkan fakultas baru, yakni Fakultas Kedokteran yang terletak di Jababeka Medical City.

Diresmikan pada tahun 2023, Jababeka Medical City adalah kawasan industri kesehatan seluas 72 hektare yang dikembangkan dengan infrastruktur standar WHO.

Kawasan kesehatan ini dibangun dengan tujuan mengakomodir para ekspatriat dan wisatawan asing untuk berobat.

Adapun Fakultas Kedokteran President University (FKPU) dipimpin langsung Budi Setiabudiawan sebagai Dekan, Satyanegara,  menjabat sebagai Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran.

Sebagai Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran President University,  Satyanegara adalah sosok yang dihormati di bidang bedah saraf dan pendidikan medis.

Dalam hal bedah syaraf, keahlian Satyanegara juga diakui oleh kalangan kedokteran di negara-negara maju.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta Kamis 6 Juni, Hadir Di 5 Lokasi

Pada tahun 2005 di Jepang, ia menoreh penghargaan The Order of Rising Sun Gold Ray with Neck Ribbon yang diberikan oleh Kekaisaran Jepang.

Tak hanya itu, beliau juga pernah menjadi dokter kepresidenan RI. Satyanegara memiliki motivasi tinggi di bidang kesehatan, sehingga dirinya ingin lebih bermanfaat agar bisa menciptakan masyarakat Indonesia yang sehat dan produktif salah satunya dengan memanfaatkan bioteknologi.

“Saya merasa bangga bisa menjadi bagian dari FKPU, terlebih melalui pembangunan research hospital di Jababeka yang menggunakan bioteknologi modern,  akan memberi dampak positif untuk kesehatan masyarakat dan bagi para mahasiswa

"FKPU memiliki standar dan dukungan terbaik sehingga saya percaya bisa menjadi pusat pendidikan dan pusat kesehatan unggulan satu-satunya tak hanya pada skala nasional melainkan internasional,” ungkap Satyanegara.

Sebagai perguruan tinggi berstandar internasional, pembelajaran di FKPU dilakukan secara bilingual untuk mempersiapkan calon dokter yang lebih kompeten melayani pasien, memperluas kemampuan komunikasi mereka dan meningkatkan kualitas layanan medis.

Pada tahun pertamanya para mahasiswa mendapatkan compulsory dormitory seperti fakultas kedokteran di Amerika ataupun Eropa.

FKPU pun telah bekerja sama dengan universitas terkemuka di Amerika Serikat dan akan terus diperluas, FKPU juga menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk melanjutkan program master di sana.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Kamis 6 Juni Hadir Di Bekasi Cyber Park

Kolaborasi ini memastikan standar pendidikan global dan mendorong pertukaran akademik internasional. 

“Kami berharap FKPU dapat menjadi pusat pendidikan dan penelitian kedokteran terkemuka, khususnya di bidang kesehatan kerja. Selain itu, jejaring perusahaan yang banyak disekitar FKPU Jababeka bisa mendukung kesehatan kerja," ujar Satyanegara.

Lebih lanjut Ferry mengatakan, Satyanegara dengan karir cemerlang dan latar belakang yang luas di bidang kedokteran dan akademik, membawa pengalamannya yang kaya ke dalam Jababeka Medical City melalui hadirnya FKPU.

"Kehadiran FKPU di Kota Jababeka memiliki daya tarik tersendiri, sebab  yang komit memperhatikan aspek pendidikan dan kesehatan seperti kami lakukan,” ucap Ferry.

“Jababeka di tahun ini maupun puluhan tahun mendatang terus berusaha menjadi hunian terbaik bagi keluarga yang terus tumbuh," pungkas Ferry.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.