Dark/Light Mode

Goes To Campus, DAIKIN Berikan Kuliah Tamu di Politeknik Negeri Indramayu

Rabu, 19 Juni 2024 20:40 WIB
PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) mengadakan sesi kuliah tamu di Politeknik Negeri Indramayu, Kamis (19/6). (Foto: DAIKIN)
PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) mengadakan sesi kuliah tamu di Politeknik Negeri Indramayu, Kamis (19/6). (Foto: DAIKIN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kunjungannya ke Politeknik Negeri Indramayu, PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) mengadakan sesi kuliah tamu, Kamis (19/6). Bertempat di Aula Politeknik Negeri Indramayu, lebih dari 60 mahasiswa jurusan refrigerasi menjadi peserta acara ini.

Pengenalan seluk-beluk teknologi inverter pada perangkat pendingin udara (air conditioner/AC), menjadi tema besar perkuliahan khusus ini. “Untuk memperluas pengetahuan mahasiswa pada inverter yang telah terbukti menjadi solusi bagi teknologi yang lebih hemat listrik dan ramah lingkungan bagi perangkat pendingin udara,” ujar Kepala Cabang PT Daikin Airconditioning Indonesia untuk wilayah Bandung dan sekitarnya, Alip Haryanto, seperti keterangan yang diterima redaksi, Rabu (19/6).

Baca juga : Goes to Campus USK, AMANAH Bangkitkan Kreativitas Dan Kolaborasi Generasi Muda Aceh

Alip mengatakan, perkuliahan khusus ini merupakan bagian dari program DAIKIN Goes To Campus yang menjadi salah satu pilar kepedulian perusahaan dalam aspek pendidikan. Melalui kunjungan ke berbagai pendidikan tinggi yang berlangsung simultan sepanjang tahun, DAIKIN berkesempatan menggelar sesi kuliah tamu untuk pengayaan pengetahuan dan wawasan mahasiswa dari berbagai jurusan terkait.

Tema besar teknologi inverter yang dipilih dalam perkuliahan di Politeknik Negeri Indramayu, kata Alip, terkait dengan dukungan DAIKIN pada gerakan hemat energi pemerintah Indonesia. “Sebagai spesialis solusi tata udara dengan pengalaman satu abad di dunia, menjadi kewajiban DAIKIN mengambil peran untuk turut dalam upaya ini. Salahsatunya dengan mempromosikan teknologi inverter yang terbukti hemat listrik dan ramah lingkungan,” ujar Alip lagi.

Baca juga : PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu

Hal yang menjadikan perkuliahan di Politeknik Negeri Indramayu menarik, ada pada cakupan dan cara penyampaiannya. Dari sisi cakupan, DAIKIN memulainya dengan dasar-dasar perangkat pendingin udara yang berlanjut hingga cara dan kinerja AC.

Cara penyampaiannya pun dibuat menarik. Tak melulu satu arah, namun pula terdapat sesi interaksi dan bahkan demo unit yang membuat para peserta dapat terlibat langsung untuk menggali lebih dalam materi yang disampaikan tenaga ahli DAIKIN.

Baca juga : Moderasi Beragama Goes To Campus, Kemenag: Kearifan Lokal Perkuat Ekonomi Umat

Di sela-sela perkuliahan khusus ini, DAIKIN juga memberikan paparan informasi peluang untuk berkarier di PT Daikin Airconditioning Indonesia. Hal ini, dikatakan Alip, sekaligus menginspirasi mahasiswa mengenai peluang berkarir menjadi tenaga ahli refrigerasi selepas menempuh pendidikan dan masuk ke dunia industri nanti.

Terkait dengan perkuliahan khusus ini, kata Alip, DAIKIN berharap penyelenggaraannya sekaligus menjadi sebuah jalinan silaturahmi antara DAIKIN sebagai pelaku industri dengan Politeknik Negeri Indramayu selaku institusi pendidikan. “Kami meyakini jalinan silaturahmi antara dunia industri dan pendidikan ini yang saling membutuhkan ini, akan menjadi modal besar bagi perkembangan sumber daya manusia kedepan,” pungkas Alip.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.