Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
Hari Pelanggan Nasional, Pimpinan TASPEN Cek Langsung Pelayanan di Kantor Cabang
Kamis, 5 September 2024 17:54 WIB

RM.id Rakyat Merdeka - Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional 2024, jajaran Direksi TASPEN meninjau langsung layanan di lima kantor cabang TASPEN yaitu Kantor Cabang Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok.
Kegiatan ini diisi dengan dialog interaktif bersama peserta, untuk mendengar pengalaman dan mendapatkan masukan dari para peserta dalam upaya memetakan perbaikan layanan. Sehingga, peserta dapat merasakan kehadiran dan kepedulian pimpinan TASPEN terhadap kualitas layanan yang ada.
Plt. Direktur Utama TASPEN Rony Hanityo Aprianto beserta Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Diyantini Soesilowati melakukan peninjauan di Kantor Cabang Bekasi, Direktur Operasional TASPEN Ariyandi di Kantor Cabang Jakarta II yang berlokasi di Jakarta Pusat, Direktur Keuangan TASPEN Rena Latsmi Puri di Kantor Cabang Tangerang, Direktur SDM dan TI Ovita Susiana Rosya di Kantor Cabang Depok, dan Direktur Perencanaan dan Aktuaria Feb Sumandar di Kantor Cabang Jakarta I yang berlokasi di Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2024).
Kegiatan peninjauan juga dihadiri Perwakilan TASPEN Grup, sebagai upaya meningkatkan semangat pelayanan dan kedekatan dengan para peserta TASPEN.
Terkait hal ini, Corporate Secretary TASPEN Henra mengatakan, sebagai BUMN yang melayani pensiunan ASN dan pejabat negara, dalam Hari Pelanggan Nasional 2024, TASPEN menunjukkan kepedulian kepada peserta sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi mereka.
"Ini menjadi momen penting bagi kami untuk menegaskan ketulusan TASPEN dalam mendengarkan dan memenuhi kebutuhan peserta," kata Henra.
Sri Sugiarni, salah satu peserta pensiun dari Kantor Cabang TASPEN Tangerang mengaku sangat senang terhadap kemajuan yang telah dilakukan TASPEN dalam meningkatkan kualitas pelayanan.
Inovasi yang diterapkan, seperti sistem digital terbaru dan peningkatan aksesibilitas layanan, semakin memudahkan dalam mengakses informasi dan kebutuhan terkait pensiun.
Baca juga : Hari Pelanggan Nasional, Bank Mandiri Taspen Gelar Program Direktur Menyapa Nasabah
"Hal ini secara signifikan telah memperbaiki pengalaman kami dalam berinteraksi dengan TASPEN," tutur Sri Sugiarni.
Sementara Sumi Hartobi sebagai peserta pensiun janda dari Kantor Cabang TASPEN Bekasi, yang telah menggunakan aplikasi TASPEN Otentikasi, sangat mengapresiasi kemudahan yang diberikan TASPEN.
Inovasi digital ini memungkinkan dirinya untuk melakukan verifikasi kapan pun dan di mana pun, tanpa harus datang ke Kantor Cabang.
"Penggunaan layanan TASPEN One Hour Online Service (TOOS) TASPEN juga sangat membantu dalam memperoleh informasi terkait estimasi dana pensiun yang akan saya terima di masa mendatang," ungkapnya.
Dalam beberapa tahun terakhir, TASPEN telah melakukan beragam inovasi digital dalam proses pelayanan, untuk memastikan kebutuhan peserta terpenuhi. Antara lain melalui Taspen One Hour Online Services (TOOS), yang merupakan layanan satu pintu untuk pengajuan klaim secara daring. Agar peserta dapat mengakses layanan TASPEN dari mana saja dan kapan saja, dengan waktu maksimal pemrosesan selama satu jam, setelah dokumen klaim dinyatakan lengkap.
Selain itu, juga ada inovasi berupa Aplikasi TASPEN Otentikasi, yang merupakan layanan validasi identitas peserta secara daring dengan menggunakan gawai pribadi peserta.
Per bulan Agustus 2024, TASPEN memiliki 6,7 juta peserta. Sebanyak 3,5 juta di antaranya merupakan peserta pensiun. Sementara 3,2 juta lainnya merupakan peserta aktif.
TASPEN telah menyelesaikan 605.936 klaim peserta, untuk seluruh produk jaminan TASPEN pada periode Januari hingga Agustus 2024 secara tepat dengan komitmen 5T yaitu Tepat Administrasi, Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, dan Tepat Tempat.
Baca juga : Asuransi Jasindo Perkuat Risk Management Partnership Di 30 Kota Indonesia
Klaim terbesar ada pada produk Program Pensiun, dengan 363.294 klaim. Disusul produk Tabungan Hari Tua (THT) sebanyak 223.586 klaim serta program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) sebanyak 19.056 klaim.
Peninjauan aktivitas layanan oleh Direksi TASPEN dalam rangka Hari Pelanggan Nasional 2024, juga dilengkapi dengan pemberian souvenir dan penyediaan jamuan khusus kepada peserta yang hadir ke kantor cabang.
Ini merupakan bentuk apresiasi TASPEN, kepada peserta yang telah menjadi bagian penting dari keberhasilan bisnis TASPEN selama ini.
Selain itu, juga terdapat promo menarik yang diberikan oleh TASPEN Group yaitu Bank Mandiri Taspen dan Taspen Life kepada peserta.
TASPEN berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi para peserta.
Dengan pengalaman dalam mengelola asuransi sosial sejak 1963, TASPEN akan terus menjalankan proses bisnis secara dinamis dan berupaya memenuhi kebutuhan peserta dengan terus beradaptasi terhadap kemajuan teknologi.
Hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, yang menyatakan setiap bisnis BUMN sebaiknya menjadikan pelanggan sebagai inspirasi dalam berinovasi dan beradaptasi. Sehingga, bisnis yang dijalankan tidak hanya berfokus pada kompetisi, tetapi juga pada kepuasan pelanggan.
Tentang PT TASPEN (Persero)
PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.
Baca juga : Hari Pelanggan Nasional 2024, BNI Perkenalkan Konsep New Look New Image
Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia.
PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun.
PT TASPEN (Persero) merupakan The First Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara pertama di Asia, yang beranggotakan Penyelenggara Jaminan Sosial bagi ASN dari berbagai negara di Asia antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Thailand dan Kamboja.
PT TASPEN (Persero) mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.
Sebagai kanal informasi, dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi situs resmi www.taspen.co.id, tcare.taspen.co.id dan seluruh sosial media resmi milik PT TASPEN (Persero).
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya