Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wujudkan K3, Pertamina Gelar Simulasi Lokasi Kerja Aman

Rabu, 4 Maret 2020 21:02 WIB
Pertamina gelar kegiatan Simulasi Lokasi Kerja Aman.
Pertamina gelar kegiatan Simulasi Lokasi Kerja Aman.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina di lingkungan Marketing Operation Region (MOR) III melakukan kegiatan Simulasi Lokasi Kerja Aman (Safe Work Practice).

Kegiatan pelatihan yang terdiri dari teori dan praktek ini dilakukan selama 3 hari dengan praktek keselamatan di perairan, bekerja pada ketinggian, paparan radiasi,  isolasi energi, serta scaffolding and lifting operation. 

Unit Manager Communication dan CSR MOR III, Dewi Sri Utami mengatakan, kegiatan ini sudah berjalan rutin sejak tahun 2017.

Baca juga : Irak Umumkan Kematian Pertama, Polandia Konfirmasi Kasus Pertama

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan pekerja pada kondisi berisiko. Dengan melibatkan pekerja, baik di lingkup Health Safety Security and Environment (HSSE), serta dari bagian lain dengan harapan agar keselamatan dan keamanan kerja bisa menjadi budaya di seluruh aspek pekerjaan,” jelas Dewi.

Dewi menambahkan, kali ini sebanyak 40 karyawan Pertamina di bidang operasi dan peremajaan ikut dalam kegiatan ini.

Tak hanya simulasi, peserta juga diberi pembekalan berupa teori dan SOP, supaya memahami dan dapat melakukan sesuai prosedur yang berlaku di Pertamina dan best practice perusahaan migas dunia.

Baca juga : Djoker Dekati Gelar Dubai Open

Simulasi kerja aman ini dilakukan sebagai bentuk implementasi pedoman 12 Corporate Life Saving Rules sebagai semangat HSSE yang berada dalam setiap aspek pekerjaan. 

"Pertamina berkomitmen dalam menjunjung perilaku dan budaya HSSE yang manfaatnya akan dirasakan bagi diri sendiri, bagi keluarga, dan masyarakat di sekitar kita," tambah Dewi.

Senada dengannya, Zakiudin, salah satu peserta simulasi mengatakab, kegiatan semacam ini sangat membantu dalam pekerjaannya. 

Baca juga : Industri Converting Ampelas Serap Banyak Tenaga Kerja

"Saya belum pernah mengikuti upskilling sea survival sebelumnya. Sebagai pekerja operasi, khususnya Loading Master yang lingkup kerjanya di dermaga/laut, pelatihan ini sangat saya butuhkan sebagai dasar survival diri sendiri maupun menyelamatkan rekan kerja/pihak lain yang membutuhkan pertolongan di laut atau pada saat keadaan darurat," tambah Zakiudin yang merupakan pekerja dari Fuel Terminal Tanjung Gerem, Banten. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.