Dark/Light Mode

Cegah Corona, Baznas Bazis DKI Lakukan Penyemprotan Halte Busway Dan Stasiun

Minggu, 15 Maret 2020 16:40 WIB
Tim Baznas Baznis DKI Jakarta lakukan penyemprotan desinfektan halte busway dstasiun. (Foto: ist)
Tim Baznas Baznis DKI Jakarta lakukan penyemprotan desinfektan halte busway dstasiun. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Baznas (Bazis) DKI Jakarta menggerakan tim Tangap Bencana (BTB) untuk melakukan giat penyemprotan desinfektan di Halte Busway Patung Kuda Monas hingga Stasiun Jakarta Kota, Minggu (15/3). Ini dilakukan mencegah penyebaran virus corona.

Kegiatan penyemprotan desinfektan juga akan di lakukan di beberapa titik di Jakarta. Di antaranya di sekolah, masjid, dan area titik keramaian hingga kondisi normal kembali. Tim Baznas (Bazis) Tanggap Bencana DKI Jakarta menurunkan enam Relawan BTB dan tiga Relawan Baznas Tanggap Bencana (BTB) Pusat. Tim yang turun juga dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) yang standar guna menjaga keamanan para relawan dalam menjalankan tugasnya. 

Baca juga : Liga 2 Berlangsung, PSSI Lakukan Terobosan Spektakuler

“Alhamdulillah, Kami sudah melakukan penyemprotan desinfektran di halte-halte Busway  sebagai tahap pertama aksi kita dalam pencegahan virus coronadi Jakarta. Kami juga akan membagikan Handsanitizer kepada warga, juga dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona melalui sentuhan tangan. selanjutnya upaya pencegahan ini masih terus kami lakukan agar bisa melayani lebih banyak lagi masyarakat Jakarta,” ujar Yudiman di Jakarta, Minggu (15/3).

Desinfektan merupakan bahan kimia atau pengaruh fisika yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya. Terdapat berbagai jenis desinfektan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan salah satunya adalah desinfektan yang digunakan untuk membersihkan ruangan.

Baca juga : Makin Waspada Corona, Saudi Tangguhkan Semua Penerbangan Internasional

Penelitian baru dari Singapura yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) mengungkapkan dekontaminasi penyebaran infeksi corona dapat dikurangin dengan membersihkan ruangan serta benda-benda yang sering tersentuh tangan dengan cairan desinfektan yang biasa digunakan. Hal ini menunjukkan pembersihan menggunakan cairan desinfektan secara rutin cukup efektif untuk menekan penyebaran infeksi corona.

“Mari cegah penyebaran corona dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga yang cukup, cuci tangan dengan sabun sesering mungkin, memakai masker jika keluar rumah dan jaga kebersihan lingkungan,” katanya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.