Dark/Light Mode

IBT-2 Kiliranjao Beroperasi, Listrik Sumatera Makin Andal

Senin, 30 Maret 2020 17:42 WIB
IBT-2 Kiliranjao Beroperasi, Listrik Sumatera Makin Andal

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN Persero melakukan pemberian tegangan pertama (energize) trafo Interbus Transformer (IBT) unit 2 Gardu Induk (GI) Kiliranjao yang berlokasi di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Beroperasinya IBT-2 GI Kiliranjao juga membuat PLN memiliki potensi penghematan mencapai 105 miliar rupiah per bulan. Karena pasokan daya dari pembangkit yang kurang efisien dapat digantikan dengan pasokan daya pembangkit yang lebih efisien dari sistem 275 KV.

Baca juga : Tjahjo Perpanjang Kerja dari Rumah bagi PNS Sampai 21 April

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Wiluyo Kusdwiharto mengatakan, trafo IBT merupakan bagian dari gardu induk yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga atau daya listrik dari tegangan tinggi ke tegangan rendah atau sebaliknya.

Dengan berhasilnya proses energize IBT-2 pada GI Kiliranjao ini meningkatkan kapasitas penyaluran tenaga listrik sebesar 250 MVA (Mega Volt Ampere), sehingga saat ini GI Kiliranjao dapat menyalurkan listrik hingga 500 MVA.

Baca juga : Tolong Jangan Ribet Berteori, Lebih Baik Edukasi Masyarakat

“Beroperasinya IBT-2 ini membuat pasokan listrik di Sumatera, khususnya wilayah Sumatera Bagian Selatan, Tengah dan Utara semakin kuat dan andal dengan adanya tambahan daya yang dapat disalurkan sebesar 250 MVA,” ungkap Wiluyo.

Ia melanjutkan, jika digunakan untuk mengalirkan listrik bagi rumah tangga, maka trafo sebesar 250 MVA dapat menyalakan lebih dari 192 ribu pelanggan rumah tangga berdaya 1.300 Volt Ampere.

Baca juga : Transjakarta Berhentikan Sementara Layanan Angkutan Malam Hari

Dengan semakin andalnya kelistrikan di Sumatera, Wiluyo mengajak para investor untuk membangun bisnisnya di Sumatera.

“Dengan modal ini, PLN siap mendorong pertumbuhan investasi di Sumatera Utara. Para investor rak perlu bingung, urus saja bisnisnya, biar PLN yang urus listriknya,” tutup Wiluyo. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.