Dark/Light Mode

Astra Credit Companies Ubah SESF Jadi Perusahaan Layanan Digital

Kamis, 22 April 2021 15:45 WIB
Pegawai ACC tawarkan pembiayaan cepat dan aman kendaraan di tengah pandemi. (foto:net)
Pegawai ACC tawarkan pembiayaan cepat dan aman kendaraan di tengah pandemi. (foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan pembiayaan di bawah Group Astra Credit Companies (ACC), PT Staco Estika Sedaya Finance (SESF), resmi mengganti usaha dan berubah nama menjadi PT Cipta Sedaya Digital Indonesia (CSDI).

Perusahaan pembiayaan milik Astra ini bergerak di bidang layanan dan pengembangan teknologi informasi. 

Persetujuan ini telah didapatkan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan Salinan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-17/D.05/2021 Tentang Pencabutan Izin Usaha Perusahaan Pembiayaan PT Staco Estika Sedaya Finance tanggal 06 April 2021, yang berlaku efektif per 1 Januari 2021. 

Baca juga : Kemenkop Minta PLUT Harus Jadi Pusat Unggulan Layanan UMKM

Presiden Direktur CSDI, Agung Waluyo Samadi mengatakan, bahwa perubahan kegiatan usaha SESF ini dimaksudkan untuk mendukung digitalisasi untuk para multifinance di bawah naungan ACC.

"PT CSDI akan mendukung pengembangan layanan digital di perusahaan pembiayaan di group ACC," kata Agung dikutip dalam keterangnya, Kamis (22/4). 

Untuk keperluan tersebut, CSDI tengah membangun Digital Operation Center (DOC) sebagai pusat fasilitas pengembangan digital yang berlokasi di Kota Yogyakarta.

Baca juga : ASTON Priority Simatupang Hotel Berbagi Bersama Anak Yatim

Fasilitas ini akan memberikan support layanan digital bagi perusahaan pembiayaan di bawah grup ACC guna meningkatkan layanan bagi para debiturnya, di antaranya PT Astra Sedaya Finance, PT Astra Auto Finance dan PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance.

Sehubungan dengan berubahnya kegiatan usaha SESF sesuai petunjuk dan arahan OJK, telah dilakukan penyelesaian kewajiban SESF terhadap para debitur, rekanan bisnis pihak ketiga lainnya. 

"Selanjutnya, hal-hal yang terkait dengan hak dan kewajiban terhadap para ex debitur SESF sepenuhnya dialihkan kepada PT Astra Sedaya Finance selaku induk dari perusahaan pembiayaan di bawah grup ACC sehingga debitur tidak akan mengalami kendala dalam bertransaksi selanjutnya," jelasnya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.