Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kelola Kawasan Gunung Bromo, Perhutani Gandeng UNS

Kamis, 5 Agustus 2021 21:56 WIB
Gunung Bromo. (Foto: Ist)
Gunung Bromo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perum Perhutani memperkuat jaringan kemitraan dengan Universitas Sebelas Maret (UNS). Keduanya akan bekerja sama untuk membantu pengembangan mahasiswa, sekaligus pengelolaan kawasan hutan sekitar Gunung Bromo.

Direktur Utama Perhutani Wahyu Kuncoro menjelaskan, Perum Perhutani sebagai Mitra UNS berkomitmen untuk mendukung pendidikan khususnya bagi mahasiswa. Perguruan Tinggi dituntut untuk mampu mengembangkan potensi dan kompetensi mahasiswanya.

“Kami semua tentu menginginkan lahirnya generasi-generasi yang cakap, terampil sesuai dengan minat bakatnya serta siap terjun ke dunia kerja,” ujar Wahyu dalam keterangan pers, Kamis (5/8).

Baca juga : Jaga Ketahanan Pangan, Pemerintah Perkuat Sektor Pertanian

Kesepakatan kerja sama itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan MoU dilakukan Direktur Utama Perhutani Wahyu Kuncoro dan Rektor Universitas Sebelas Maret Prof Jamal Wiwoho. 

Juga disaksikan Direktur SDM Umum dan IT Perhutani M. Denny Ermansyah, Sekretaris Perusahaan Asep Dedi Mulyadi, serta jajaran rektor dan dekan UNS.

Wahyu optimis UNS bisa menjadi mitra Perhutani dalam mengelola hutan. "Terutama di sekitar kawasan Gunung Bromo," harapnya. 

Baca juga : Syarief Hasan Dukung Presiden Perpanjang PPKM Level 4

Kawasan hutan Gunung Bromo mempunyai luas sekitar 126,291 ha dan terletak di KPH Surakarta di Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah.

"Terkait dengan kerja sama tersebut Perhutani siap membantu UNS dalam mengelola dan mengembangkan hutan lestari dengan memanfaatkan unit khusus PeFi di Madiun dan Cepu sebagai research & development," tambah Wahyu.

Rektor Universitas Sebelas Maret Prof. Jamal Wiwoho menjelaskan, kerja sama ini memiliki arti penting untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta sesuai dengan Penyelenggaraan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Baca juga : Kementan Dukung Penuh Urban Farming Kota Solo

"Kerja sama ini memiliki ruang lingkup pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat selama jangka waktu dua tahun kedepan," kata Jamal.

Keduanya menyinergikan dan mengoptimalkan potensi serta sumber daya kedua belah pihak dalam pengembangan kelembagaan. Hal tersebut juga sesuai dengan ketetapan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk pengelolaan dan pengembangan hutan kawasan Gunung Bromo.

"Kami siap bekerja sama dengan Perum Perhutani untuk menjaga kelestarian hutan bersama masyarakat sekitar kawasan," tandas Jamal. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.