Dark/Light Mode

Jadi Pesaing Toyota Alphard, Hyundai STARIA Dibanderol Mulai Rp 888 Juta

Jumat, 20 Agustus 2021 19:07 WIB
Hyundai STARIA. (Foto: Ist)
Hyundai STARIA. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan STARIA di Indonesia. Mobil yang digadang-gadang menjadi pesaing Toyota Alphard ini dibanderol mulai dari Rp 888 jutaan on the road Jakarta.

Kehadiran STARIA merupakan kelanjutan dari inovasi Hyundai untuk menghadirkan produk unggulan dengan model Purpose Built Vehicle (PBV) dan memiliki ruang yang lapang saat berkendara. STARIA hadir dengan dua jenis pilihan: STARIA Signature 7 (7-seater) dan STARIA Signature 9 (9-seater).

Desain eksterior STARIA menampilkan siluet futuristik, kesan yang bersih, ramping, dan menyerupai pesawat luar angkasa. Bagian depan STARIA memberikan tampilan grille yang berani dan eksklusif. Hal ini diperkuat dengan LED Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan positioning lamps yang berada di sepanjang sisi kendaraan.

Tampilan canggih juga direpresentasikan oleh lampu depan LED projector yang ditempatkan di setiap sisi grille. Menambah kesan mewah, STARIA dilengkapi dengan roda atau alloy wheels 18-inci yang menampilkan warna permukaan elegan dengan nuansa Dark Chrome dan Tinted Brass Chrome yang juga terletak pada grille depan, rangka lampu depan, cover spion luar, emblem, dan gagang pintu.

STARIA berukuran terbesar di kelasnya dengan lebar keseluruhan 1.997 mm dan jarak tapak roda depan atau front wheel tread sepanjang 1.721 mm. STARIA juga memberikan kesan lapang bagi penumpangnya karena memiliki panjang keseluruhan 5.253 mm dengan jarak antar sumbu roda atau wheel-base sepanjang 3.273 mm, serta jarak tapak roda belakang atau rear wheel tread sepanjang 1.732 mm.

 

Baca juga : Gedung BPOM Terbakar, Kerugian Capai Rp 600 Juta

Desain kabinnya seperti pesawat ruang angkasa. Ini ditampilkan melalui jendela lebar di sisi kendaraan dan posisi garis sabuk yang lebih rendah untuk meningkatkan visibilitas keseluruhan dan kesan lapang. Ketinggian kabin juga dioptimalkan untuk kenyamanan dan kemudahan yang premium, sehingga ideal bagi para pebisnis dan juga keluarga yang sedang bepergian.

Selain itu, tema desain dari STARIA juga diterapkan pada bagian belakang, menampilkan jendela lebar yang dikelilingi oleh lampu belakang vertikal memanjang. Interior STARIA mengusung konsep multi ruang terbuka untuk pengoperasian yang prima bagi pengemudi serta komposisi ruang serbaguna bagi penumpang dengan nuansa layaknya sebuah premium lounge.

Di sisi kursi pengemudi bahkan memiliki tampilan dengan sentuhan mewah seperti TFT LCD Instrument Cluster berukuran 10,25 inci, layar sentuh 8 inci dengan Radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, dan tombol transmisi Shift- by-Wire.

Mobil ini juga dibekali dengan Dual Sunroof dengan fitur tilting & slide yang dapat diatur. Udara segar di sepanjang perjalanan dapat dinikmati karena STARIA telah dilengkapi dengan sistem kontrol udara yang canggih untuk mengontrol sirkulasi udara dengan mudah melalui filter di HVAC pada bagian belakang kendaraan.

Jumlah ventilasi disesuaikan dengan jumlah kursi di setiap tipe, yaitu Signature 7 memiliki 4 ventilasi, dan Signature 9 memiliki 6 ventilasi. Rasa relaksasi dan nuansa lebih premium juga dapat dirasakan melalui kehadiran BOSE Premium Sound System yang menghasilkan suara jernih, dilengkapi dengan Dynamic Speed Compensation.

Baca juga : Toyota Luncurin Raize Non Turbo, Harganya Mulai Rp 202 Jutaan

Mobil ini juga dilengkapi Wireless Smartphone Charging dan untuk semua baris kursi. Di mana 5 port USB pada Signature 7 dan 7 port USB pada Signature 9.

Tipe Signature 7 dilengkapi dengan 7 kursi dan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat direbahkan secara otomatis dan digeser untuk kemudahan akses atau untuk memaksimalkan ruang penyimpanan. Untuk tipe Signature 9, terdiri dari 9 kursi dengan Swiveling Independent Seat dimana baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk dapat berhadapan dengan penumpang di baris ketiga.

 

STARIA menawarkan performa mesin yang unggul dengan hadirnya powertrain yang efisien dan ramah lingkungan, yakni mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Tipe powertrain yang disematkan ini memungkinkan STARIA memperoleh performa maksimal hingga 177 PS/3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm/1.500-2.500 rpm.

Mobil ini juga dilengkapi dengan Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yaitu sistem yang secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan, dan jika diperlukan, akan secara otomatis melakukan pengereman. Kemudian ada Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW). Lalu ada Blind-Spot View Monitor (BVM), Safe Exit Assist (SEA) dan Safe Exit Warning (SEW).

Fitur keselamatan lain yang juga dimiliki STARIA adalah Rear Cross-Traffic Collision- Avoidance Assist (RCCA), Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW) dan Lane Keeping Assist (LKA) serta Surround View Monitor (SVM)

Baca juga : SIM Keliling Polda Metro, Hari Ini Buka Mulai Pukul 8 Pagi

SungJong Ha, Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, Hyundai selalu berusaha melampaui ekspektasi pelanggan, sebagaimana tercermin dalam STARIA, yang memberikan pengalaman Larger than Life. “STARIA bukan hanya sebuah produk inovatif untuk mendukung kebutuhan mobilitas pelanggan, tetapi juga memungkinkan mereka untuk mendapatkan akses kenyamanan maksimal untuk mendukung aktivitas yang produktif dan berharga,” ujarnya.

Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia mengatakan, bangga mempersembahkan STARIA yang memberikan pengalaman mewah kepada para pelanggan setia di Indonesia. Konsep premium dan nyaman yang diwujudkan dalam STARIA merupakan kelanjutan dari transformasi Hyundai untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

STARIA tersedia dalam berbagai warna eksterior, antara lain Creamy White, Abyss Black Pearl, Graphite Grey Metallic, dan Shimmering Silver Metallic. Sedangkan untuk warna interior, tersedia dalam pilihan Black one-tone Embroidered leather dan Brown two-tone Embroidered leather. STARIA Signature 7 dibanderol Rp 1,020,000,000 dan STARIA Signature 9 Rp 888,000,000. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.