Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pupuk Kaltim Sabet Tiga Penghargaan TOP GRC Award 2021

Sabtu, 9 Oktober 2021 15:39 WIB
PT Pupuk Kaltim meraih tiga penghargaan dalam ajang TOP GRC. (Foto: ist)
PT Pupuk Kaltim meraih tiga penghargaan dalam ajang TOP GRC. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) meraih tiga penghargaan dalam ajang TOP GRC (Governance Risk Management Compliance) Award 2021. 

Di antaranya TOP GRC 2021 dengan predikat 4 stars, The Most Committed GRC Leader 2021 bagi Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi. Serta, The High Performing Board of Commissioners on GRC 2021 untuk Dewan Komisaris Pupuk Kaltim.

Senior Vice President (SVP) Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim, Teguh Ismartono mengatakan, penerapan GRC merupakan komitmen perseroan dalam menjalankan aktivitas bisnis yang menekankan pada tiga aspek utama. 

Yakni, tata kelola, manajemen risiko dan kepatuhan. Di mana, ketiganya terintegrasi dan terfokus dalam pengendalian organisasi Perusahaan, guna mengantisipasi berbagai potensi risiko di seluruh proses bisnis.

Baca juga : PT Pos Sabet 4 Penghargaan Di Top GRC Awards 2021

“Komitmen penerapan GRC di Pupuk Kaltim dilaksanakan melalui aktivitas bisnis yang berintegritas, berpedoman pada kode etik, serta praktik GCG berdasarkan Peraturan Kementerian BUMN, sesuai arahan Pemegang Saham,” ujarnya, Sabtu (9/10). 

Ia menjelaskan, dalam mewujudkan visi menjadi perusahaan berkinerja unggul kelas dunia di bidang nutrisi tanaman, Agri-Solution dan kimia, implementasi GRC perseroan didukung sistem teknologi informasi sebagai kelanjutan komitmen yang tertuang dalam regulasi internal tentang penerapan GCG, Manajemen Risiko, SMAP, Pengendalian Gratifikasi dan komitmen lainnya.

Dukungan tersebut meliputi Portal GCG, Sistem Aplikasi GCG, Gratifikasi Online, Manajemen Risiko Individu, Whistleblowing System (WBS), Sistem Manajemen Risiko, Elektronik Pakta Integritas dan Sistem Online Kepatuhan Internal. 

"Kami juga mengadakan pelatihan dan kampanye untuk meningkatkan pemahaman terhadap penerapan GRC secara berkelanjutan,” katanya. 

Baca juga : Keren, Indonesia Power Raih 4 Gelar Di Ajang TOP GRC Awards 2021

Menurutnya, komitmen itu juga wujud dukungan Pupuk Kaltim terhadap pencegahan korupsi, sekaligus menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri BUMN tentang pengelolaan BUMN yang bersih melalui pencegahan Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN), penanganan benturan kepentingan serta penguatan pengawasan internal. 

Dari hal itu, pihaknya mampu tetap tegak di tengah pandemi Covid-19, dengan terus berupaya meningkatkan kontribusi dalam mendukung kesejahteraan petani, ketahanan pangan nasional, serta ketahanan industri kimia nasional.

Selain itu, penerapan GRC secara efektif juga menjadikan Pupuk Kaltim sebagai perusahaan terpercaya, dengan faktor keunggulan kompetitif usaha sesuai tata kelola peraturan yang ada. “Komitmen Direksi, Dewan Komisaris dan karyawan Pupuk Kaltim dalam penerapan GRC juga menjadi budaya kerja Perusahaan yang diimplementasikan secara terintegrasi,” katanya. 

Pemimpin Redaksi Top Business sekaligus Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2021 M. Lutfi Handayani menuturkan, TOP GRC Awards merupakan satu rangkaian dari GRC Summit 2021, untuk mendorong perusahaan di Indonesia meningkatkan implementasi GRC dalam mendukung kinerja berkelanjutan yang didasari prinsip Good Governance, Risk Management dan Compliance Management. 

Baca juga : Top, Jasa Marga Raih 2 Penghargaan Di Ajang TOP GRC 2021

TOP GRC Awards tahun ini mengangkat tema “The Strategic Role of GRC for Business Continuity in Pandemic Covid-19”, diikuti 880 perusahaan meliputi  BUMN, perusahaan pasar modal dan swasta nasional hingga multinasional. 

“Nilai strategis TOP GRC Awards 2021 menitikberatkan pada upaya bersama untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas implementasi GRC Perusahaan, agar bisnis tetap aman dan tumbuh dengan baik di tengah pandemi Covid-19,” tandasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.