Dark/Light Mode

Terapkan Sentralisasi Fungsi Holding

Pupuk Indonesia Sabet Penghargaan Best Company In Indonesia Trillioner Club

Jumat, 15 Oktober 2021 12:29 WIB
Pupuk Indonesia. (Foto: ist)
Pupuk Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Indonesia (Persero) telah memberlakukan kebijakan sentralisasi fungsi holding untuk mendorong pertambahan nilai melalui penyelarasan fungsi strategis di anak perusahaan agar sejalan dengan sasaran strategis holding. 

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia, Panji Winanteya Ruky mengatakan, kebijakan sentralisasi tersebut berdampak positif pada kinerja Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC). 

Di mana, bidang yang tersentralisasi di antaranya adalah Sumber Daya Manusia (SDM), rantai pasok, keuangan, pengadaan, riset dan pengembangan, penjualan dan pemasaran, teknologi informasi, dan sebagainya. 

Baca juga : Pupuk Indonesia Kerek Penghasilan Petani Sumbar

"Sentralisasi fungsi holding ini akan mendorong Pupuk Indonesia menjadi perusahaan nasional kelas dunia untuk solusi pertanian dan nutrisi tanaman berkelanjutan," ujarnya, Jumat (15/10). 

Ia menjelaskan, terobosan tersebut salah satunya program Makmur, yaitu program pendampingan lengkap mulai dari masa tanam (on farm) hingga pasca panen (off farm) didukung teknologi budi daya pertanian, permodalan, pemasaran, hingga asuransi. 

Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, pendapatan, hingga loyalitas petani. Upaya tersebut juga didukung dengan penguatan kerjasama dengan distributor dan kios melalui program Retail Management untuk menjamin ketersediaan produk. Serta, pengembangan aplikasi Retail Management System untuk mempelajari pelanggan dan memahami kebutuhannya. 

Baca juga : Lakukan Inovasi Di Bidang Kelistrikan, Indonesia Power Banjir Penghargaan

"Dengan adanya sentralisasi ini, kami kemudian melakukan sejumlah terobosan untuk meningkatkan pertumbuhan, daya saing, dan efisiensi operasional perusahaan," terangnya. 

Dengan adanya program transformasi itu, kinerja Pupuk Indonesia tetap tumbuh di tengah kondisi ekonomi yang penuh ketidakpastian saat ini. 

Hal ini juga yang membuat perseroan mendapatkan penghargaan The Best Company in Indonesia Trillioner Club versi Majalah SWA karena perseroan dinilai berhasil mempertahankan kinerja di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil.

Baca juga : Terus Berinovasi, Pupuk Indonesia Sabet Penghargaan APQO International

"Tanpa usaha seluruh insan PHIC, kita tidak mampu deliver value, baik untuk shareholder tapi juga untuk our costumers, petani sehingga kita bisa mensejahterakan mereka. Semoga kita terus amanah dan ini kita diberikan apresiasi terhadap upaya-upaya kita," ungkapnya. 

Sebelumnya, Group Chief Editor SWA, Kemal E.Gani mengaku, penghargaan The Best Company in Indonesia Trillioner Club ini mengacu pada perusahaan-perusahaan besar yang mampu mempertahankan bahkan menumbuhkan kinerjanya. 

"Dari studi itu kami mencari perusahaan dengan size besar namun tetap berkinerja terbaik. Jadi raksasa tapi gesit dan tetap berkinerja baik, salah satunya Pupuk Indonesia. Selamat pak atas langkah transformasi, pembenahan inovasi yang sudah dilakukan," pungkasnya dalam acara SWA 100 & Indonesia Trillioner Club dengan tema 'Winning Strategy To Boost Shareholder Value And How To Become Smart Investor', Kamis (14/10). [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.