Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gempa M4,8 Di Bali

BNPB: Posko Lapangan Tanggap Darurat Sudah Beroperasi

Selasa, 19 Oktober 2021 20:39 WIB
Alat berat yang dikerahkan dalam membuka akses jalan yang terputus di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Minggu (17/10). (Foto: BNPB)
Alat berat yang dikerahkan dalam membuka akses jalan yang terputus di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Minggu (17/10). (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pascagempa yang mengguncang M4,8 Provinsi Bali, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kabupaten telah mendirikan Posko Lapangan bagi para warga terdampak. Adapun lokasi posko lapangan terdapat di dua desa yang mengalami dampak cukup besar yakni di Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Bangli. 

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per Selasa (19/10) pukul 05.00 WIB mencatat sebanyak 617 unit rumah rusak berat, 1.203 unit rusak ringan dan 42 unit rusak sedang.

Salah satu upaya untuk mempercepat penanganan pascagempa, Posko Lapangan telah didirikan di Kabupaten Karangasem yang terletak di Desa Ban, Kecamatan Kubu, sedangkan untuk di Kabupaten Bangli terletak di Dermaga Kedisan, Kecamatan Kintamani. 

Baca juga : Gempa M4,8 Bali Tewaskan 3 Warga

"Kami telah mendirikan posko lapangan di Karangasem dan Bangli, untuk menyalurkan bantuan kepada warga terdampak, serta menyiagakan untuk para warga yang ingin mengungsi," ujar I Wayan Gede Eka Saputra, Kasubid Logistik dan Peralatan BPBD Provinsi Bali melalui telepon, Selasa (19/10).

Eka menambahkan, kondisi saat ini para warga memilih mengungsi di rumah keluarga terdekat, mengingat khawatir dengan harta benda yang masih tertinggal di rumah mereka. Namun, untuk bantuan logistik tetap didistribusikan dengan memberikan langsung ke lokasi masing-masing. 

 

Baca juga : Menpora: PON Harus Jadi Ajang Pembuktian Atlet Muda Berprestasi

Percepatan Pembukaan Akses Jalan

Pascagempa M4,8 Bali juga menyebabkan longsoran dan reruntuhan batu yang menyebabkan kondisi jalan terputus. Berdasarkan peninjauan langsung di Kabupaten Karangasem dan Bangli pada Minggu (17/10) lalu, Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito S.E. M.M,. telah memastikan penanganan darurat bencana berjalan dengan baik. Sejumlah alat berat telah dikerahkan untuk membuka akses jalan yang sempat tertutup longsor.

Saat ini masih terdapat akses jalan yang masih tertutup yakni di Desa Trunyan, Kintamani. Pemberian bantuan logistik ke Desa Trunyan juga dilakukan melalui jalur lain melalui menyeberangi danau.

Baca juga : 2022, Menteri Basuki Pastikan Tol Cisumdawu Sudah Beroperasi

"Untuk Desa Trunyan, kami memberikan bantuan dengan menggunakan perahu melewati danau untuk mencapai desa tersebut, karena saat ini kondisi jalan masih terputus," ujar Eka.

Tim Gabungan yang terdiri dari BNPB, BPBD Provinsi dan Kabupaten, unsur TNI-Polri, Instansi lintas unit, Relawan dan masyarakat bekerjasama melakukan penanganan darurat salah satunya membuka akses jalan darat ke Desa Trunyan yang hingga kini masih terputus. Upaya ini telah dan terus dilakukan dalam memberikan percepatan penanganan darurat bagi warga terdampak. [EFI]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.