Dark/Light Mode

Manjakan Pemudik Lebaran

Pertamina Siapkan SPBU Modular di Tol Trans Sumatera

Sabtu, 25 Mei 2019 17:47 WIB
SPBU Pertamina yang ada di sepanjang Tol Trans Sumatera. (Foto: Istimewa).
SPBU Pertamina yang ada di sepanjang Tol Trans Sumatera. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebaran sangat identik dengan budaya mudik atau pulang kampung bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Bagi yang melakukan perjalanan menggunakan mobil ke Pulau Sumatera, kini pemudik sudah bisa memanfaatkan ruas tol Bakauheni hingga Kayu Agung, meskipun sebagian masih bersifat fungsional.

Memastikan kenyamanan pemudik, Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan telah menyiapkan fasilitas pengisian bahan bakar sebanyak tujuh (7) SPBU Modular dan enam (6) Kiosk Pertamina Siaga di ruas tol tersebut.

“Untuk di ruas tol operasional Bakauheni–Terbanggi besar, Pertamina Siaga hadir dalam bentuk SPBU Modular di Rest Area Kilometer 33A, Km 87A dan 87B, serta Km 115A dan 115B, untuk Km 33B sementara kami siapkan Kiosk Pertamina Siaga.

Baca juga : PUPR Kebut Permak Sekolah & Madrasah Rusak

Khusus arus mudik dan balik, kami skenariokan di ruas Bakauheni dan Terbanggi Besar beroperasi 24 jam,” ujar General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel, Primarini.

Terdapat tiga (3) produk utama yang disiapkan oleh Pertamina. Untuk Km 33A disiapkan Pertamax dan Dex dan Km 33B Pertamax dan Dex kemasan. Sedangkan untuk Km 87A dan 87B, disiapkan Pertamax dan Bio Solar sebanyak 11 KL, sedangkan, 115A dan 115B Pertamax dan Bio Solar sebesar 3 KL.

Selain itu baik di km 87 dan 115 juga disiapkan Dex kemasan sebagai alternatif bahan bakar diesel. Untuk ruas fungsional mulai dari Terbanggi Besar hingga Pematang Panggang, lebih banyak disiapkan Kiosk Pertamina Siaga untuk melayani arus mudik dan balik.

Namun lanjut Primarini, SPBU Modular juga disiapkan di dua (2) rest area, di Km 215B dan 234A yang menyediakan produk Pertamax dan Dex. “Kami siapkan stok sebesar 3 KL Pertamax dan Dex untuk melayani pemudik dari jam 6 pagi hingga 17 sore sesuai jam operasional tol fungsional yang berlaku.

Baca juga : Pertamina Gelar Operasi Pasar 5.600 LPG Tabung 3 Kg di Sulbar

Rencananya juga akan ada tambahan tangki kapasitas 24 KL di Km 215B untuk memastikan pelayanan prima bagi pemudik,” kata Primarini.

Melengkapi SPBU Modular di Km 215B dan 234A, Kiosk Pertamina Siaga juga disiapkan untuk menyediakan 30 BBM Kemasan kapasitas 10 liter untuk Produk Pertamax dan Dex. Sebaran Kiosk Pertamina Siaga lainnya juga disiapkan di Km 163A, 172B, dan Km 208A.

Masuk ke wilayah Sumatera Selatan mulai dari Pematang Panggang menuju Kayu Agung, saat ini baru disiapkan satu titik Kiosk Pertamina Siaga untuk melayani pemudik yakni di Km 285B.

Meski demikian, Primarini memastikan stok di Kiosk tersebut dapat selalu memenuhi kebutuhan pemudik.

Baca juga : BTN Siapkan Kocek Tunai Rp 14,58 Triliun

“Kami pastikan pemudik yang melewati Tol Trans Sumatera serta yang melewati jalur lintas akan selalu terpenuhi kebutuhan BBM-nya, Pertamina Siaga akan selalu siap dalam memenuhi stok dan distribusi energi bagi pemudik.

Kami berpesan tetap berhati-hati saat dijalan dan jika butuh informasi seputar kebutuhan produk kami disaat mudik nanti silahkan hubungi Call Center 135,” tutup Primarini. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.