Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Pemuda Muhammadiyah, BSI Tingkatkan Literasi Keungan

Selasa, 23 Maret 2021 17:32 WIB
Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia, Kokok Alun Akbar (layar kiri) saat menyampaikan sambutan dalam Kegiatan Inklusi Keuangan bagi Pemuda dan Mahasiswa Muhammadiyah Melalui Edukasi Keuangan, di Grand Savero Hotel Bogor, Senin
Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia, Kokok Alun Akbar (layar kiri) saat menyampaikan sambutan dalam Kegiatan Inklusi Keuangan bagi Pemuda dan Mahasiswa Muhammadiyah Melalui Edukasi Keuangan, di Grand Savero Hotel Bogor, Senin

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk berkolaborasi dengan Kementerian  Koordinator Bidang Perekonomian dalam kegiatan literasi dan inklusi kepada Pemuda dan  Mahasiswa Muhammadiyah. Kolaborasi ini diwujudkan melalui acara Inklusi Keuangan bagi  Pemuda dan Mahasiswa Muhammadiyah Melalui Edukasi Keuangan, di Grand Savero Hotel  Bogor,  (22/3).  

Hadir dalam acara ini, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Sekretariat  Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI), Dr. Iskandar  Simorangkir SE, MA; Asisten Deputi Keuangan Inklusif dan Keuangan Syariah Kementerian Koordinator  Bidang Perekonomian, Dr. Erdiriyo, SE, MM; Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto; Bendahara  Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Zaedi Basiturrozak; Ketua Bidang Ekonomi PP Pemuda  Muhammadiyah, Horo Wahyudi; Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia, Kokok Alun  Akbar; Deputy Funding Regional CEO 6 Jakarta 3 Bank Syariah Indonesia, Muhammad Akbar; dan  Micro Business Group Head Bank Syariah Indonesia, Mohammad Isnaeni. 

Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia, Kokok Alun Akbar berharap kegiatan ini dapat  berkontribusi dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan syariah kepada masyarakat  terutama kepada Pemuda dan Mahasiswa Muhammadiyah.

Baca juga : Pandemi Mereda, Pemerintah Mulai Bangun Perpustakaan Daerah Di 2021

 “Selain itu acara ini diharapkan bisa  menjadi solusi dan menjawab kebutuhan masyarakat dalam mengelola keuangan sesuai prinsip  syariah melalui berbagai produk, layanan, dan fitur-fitur yang lengkap,”tuturnya.

“Berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLK) 2019 Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dimana  tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah Indonesia masing-masing 8,9% dan 9,1%. Angka  literasi dan inklusi keuangan syariah ini lebih rendah dibandingkan konvensional yang sudah  mencapai masing-masing 38,03% dan 76,19%,”ungkapnya.

“Dengan besarnya populasi penduduk muslim di Indonesia yang mencapai 87,18% dari total  penduduk sejumlah 255 juta, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di  dunia, sehingga terdapat potensi yang besar untuk meningkatkan indeks inklusi keuangan syariah  di Indonesia,”ujarnya.

Baca juga : BTN Siap Dukung Pembiayaan Perumahan Ramah Lingkungan

“Dalam acara ini, terdapat perjanjian kerjasama antara PT Bank Syariah Indonesia Tbk dengan Pemuda Muhammadiyah terkait program  peningkatan inklusi keuangan syariah. Selain itu, Bank Syariah Indonesia juga melakukan penyerahan buku tabungan BSI kepada 1000 kader Pemuda Muhammadiyah dan KUR BSI kepada 100 pelaku bisnis mikro kader Pemuda Muhammadiyah. Bank Syariah Indonesia  juga memberikan materi dengan tema: Tabungan, Keagenan dan Pembiayaan BSI,”terangnya.

“Peran PP Pemuda Muhammadiyah sebagai salah satu lembaga otonom PP Muhammadiyah  cukup strategis dalam meningkatkan inklusi keuangan syariah, sehubungan dengan besarnya jumlah jaringan pemuda dibawahnya, dan jaringan sekolah dan universitas yang dapat mencapai  28.159 unit,”jelasnya.

“ Dengan estimasi total untuk siswa dan mahasiswa dibawah naungan PP Pemuda  Muhammadiyah sejumlah 4 juta jiwa. Bank Syariah Indonesia berharap kerjasama dengan  Pemuda Muhammadiyah bisa berlanjut untuk kedepannya,”pungkasnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.