Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PkM Teknik UMB Gelar Workshop Membangun Rumah Tahan Gempa

Jumat, 2 Juli 2021 18:38 WIB
Ir. Pariatmono Sukamdo, MSc., DIC, PhD
Ir. Pariatmono Sukamdo, MSc., DIC, PhD

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta melakukan salah satu Tridarma Perguruan tinggi berupa pengabdian kepada Masyarakat dengan tema " Penyuluhan Membangun Rumah Sederhana Tahan Gempa Untuk Para Tukang, Elemen Warga di Kecamatan Serang, Pandeglang, Banten dan Meruya Selatan, Jakarta Barat". 

Pemateri yang sekaligus anggota pelaksana PKM Ir. Pariatmono Sukamdo, MSc., DIC, PhD mengatakan, tujuan dari acara ini untuk memberikan pengetahuan terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan gempa.

Baca juga : KBRI Den Haag Gelar Workshop Pencak Silat Outdoor

"Pengetahuan masyarakat membangun rumah tahan gempa masih sangat minim, sehingga perlu ditingkatkan antara lain melalui sosialisasi" tuturnya.

Menurut Pariatmono Sukamdo, ada beberapa kesalahan yang dilakukan tukang saat membangun rumah seperti komposisi adukan beton serta penggunaan air yang benar, Pemasangan sloof yang benar, Belum ada kesadaran tukang akan pentingnya membangun rumah tahan gempa.

Baca juga : Smartfren Gelar Uji Coba Teknologi 5G Tahap Kedua

PkM kali ini dilaksanakan oleh tim dosen Fakultas Teknik UMB secara daring yang terdiri dari Dr. Ir. Resmi Bestari Muin ,  Dr. Ir. Pintor Tua Simatupang, M. Dan Ir. Pariatmono Sukamdo, MSc., DIC, PhD, Sylvia Indriany, ST. MT, Desiana Vidayanti, ST. MT, Erlangga Rizqi Fitriansyah, ST, MT, Nabila, ST, MT dan Det Komerdevi, ST., MT.

Agar PkM ini dapat terlaksana dengan baik maka Fakultas Teknik UMB bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Mathlaul Anwar (UNMA) yang diprakarsai Rika, ST. MT  dan Pengurus PII Wilayah Banten diprakarsai oleh Dr.Ir.Eden Gunawan, MM.,IPM.,ASEAN Eng sebagai pengumpul khalayak sasaran, yakni para tukang, masing-masing di daerah Pandeglang dan Serang, Banten.

Baca juga : Megawati Terima Gelar Profesor Kehormatan, Partai Emas Ucapkan Selamat

Melalui sosialisasi cara membangun rumah tahan gempa secara intensif diharapkan para penerima jasa konstruksi memiliki kesadaran dan masyarakat terlindungi dari ancaman bencana gempa, tambah Pariatmono Sukamdo. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.