Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menhub Targetkan Kereta Bogor-Sukabumi Beroperasi Pekan Depan

Senin, 4 April 2022 09:42 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya melakukan uji coba kereta api lintas Bogor-Sukabumi, Minggu (3/4) (Foto: Prokompim)).
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya melakukan uji coba kereta api lintas Bogor-Sukabumi, Minggu (3/4) (Foto: Prokompim)).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya melakukan uji coba kereta api lintas Bogor-Sukabumi. 

Rombongan berangkat dari Stasiun Paledang, Kota Bogor, pada pukul 14.07 WIB dan tiba di Stasiun Cicurug, Kabupaten Sukabumi, pukul 14.50 WIB atau ditempuh dengan waktu sekitar 40 menit.

Dalam sambutannya, Menhub memastikan kereta api jalur Bogor-Sukabumi sudah bisa dinikmati publik pada pekan depan. "Saya untuk kesekian kalinya melakukan inspeksi jalur dari Bogor ke Sukabumi. Ini perintah Presiden Jokowi untuk memastikan konektivitas yang vital. Kita pastikan akhir minggu ini, masyarakat Bogor sudah bisa jalan-jalan ke Sukabumi. Dengan waktu yang lebih cepat dan kapasitas yang lebih banyak," ujar Menhub saat uji coba KA Bogor Sukabumi, Minggu (3/4)..  

Baca juga : Dirut PLN: Cara Kerja Berbasis Digitalisasi Berbuah Pelayanan Terbaik

Menurutnya, jalur Bogor-Sukabumi adalah satu perjalanan yang penuh histori. Secara ekonomis, melayani banyak masyarakat dan barang-barang. "Kemenhub melakukan suatu upaya rekayasa konstruksi yang mengurangi ketinggian dan membuat jalur ganda antara Bogor menuju Cicurug. Gunanya agar kapasitas kereta itu bertambah. Dari 5 gerbong menjadi 8. Kecepatannya meningkat, tadinya lebih dari 100 menit menjadi 80 menit," ungkapnya.

Bangun Skybridge Di Stasiun

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyambut baik kehadiran kembali pelayanan kereta api Bogor-Sukabumi. Ia mengaku, nyaman menaiki kereta Bogor-Sukabumi karena ada banyak pemandangan saat perjalanan ke Sukabumi.

Baca juga : Neng Eem Ajak Perempuan Berorganisasi & Menempa Diri

“Tadi uji coba kecepatannya masih 40 km per jam, tapi nanti kata Pak Menhub masih bisa ditambah. Ketika sudah normal, waktu tempuh akan bisa cepat lagi. Mungkin 20 menit lebih cepat dari waktu tempuh biasa nantinya," ujar Bima.

Untuk menunjang itu, Pemkot Bogor akan berkolaborasi dengan Kemenhub dan PT KAI guna membangun fasilitas pendukung, khususnya di sekitar Stasiun Paledang yang akan dibuat skybridge atau jembatan layang terintegrasi.

"Sekarang sedang proses lelang. Akan dibangun skybridge dari Stasiun Bogor, menuju Stasiun Paledang dan terhubung juga ke Alun Alun. Menhub menyarankan beberapa penyempurnaan untuk desain teknisnya. Insya Allah akan dibangun tahun ini dan selesai tahun depan atau sekitar 10 bulan," terang Bima. [KPJ]
 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.