Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pesan Menteri ESDM: IHRS 2022 Harus Jadi Ajang Kolaborasi Dan Sinergi

Selasa, 28 Juni 2022 17:22 WIB
Indonesia Human Resources Summit (IHRS) 2022. (Foto: Ist)
Indonesia Human Resources Summit (IHRS) 2022. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengatakan, pandemi telah mengubah banyak hal dalam kehidupan. Terutama, dalam manajemen kesehatan, interaksi sosial, dan ekonomi. 

Dalam acara Indonesia Human Resources Summit (IHRS) 2022 yang mengusung tema Post Recovery Leap: Championing Resilient Workforce to Accelerate Digital Transformation and Business Sustainability, dia menegaskan, pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai penggerak dan pendorong pemulihan akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, transformasi digital merupakan strategi yang tepat untuk membangkitkan kembali aktivitas sektor energi pasca pandemi Covid-19. “Untuk itu diperlukan sumber daya manusia dan lingkungan kerja yang adaptif. Pola kerja hybrid tidak lagi terelakkan," kata Tasrif saat membuka IHRS 2022 di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali, Selasa (28/6).

Baca juga : Pesan Megawati Buat Kader PDIP: Yang Korupsi, Get Out!

Diakui Tasrif, transformasi tidak terelakkan dan terjadi di segala tataran. Karena itu, perusahaan dan individu dituntut untuk berpikir out of the box dengan mengoptimalkan berbagai fasilitas dan prosedur agar pekerjaan tetap dapat berjalan lancar.

Dalam era digital ini, terangnya, peningkatan kualitas SDM perlu difokuskan dalam memanfaatkan, mengembangkan, dan menguasai teknologi yang berwawasan lingkungan. Penguasaan teknologi sekaligus menjadi kunci untuk memberikan nilai tambah terhadap proses-proses yang selama ini dilakukan di perusahaan atau instansi. 

“Nilai tambah tersebut dapat berupa nilai tambah waktu, yakni mempercepat atau mempersingkat proses. Nilai tambah finansial, meningkatkan revenue, mengefisienkan biaya, meningkatkan investasi, maupun nilai tambah lainnya secara sosial, kelestarian lingkungan, budaya, dan sebagainya,” imbuhnya.

Baca juga : PUPR Getol Bangun Rusun & Rusus Padat Karya Di Daerah

Selain itu, dipaparkan Tasrif, dukungan dan peran serta SDM yang tangguh diperlukan dalam rangka implementasi transisi energi di Indonesia. “Transisi energi menuju energi yang lebih bersih merupakan sebuah keniscayaan, tidak hanya di Indonesia, namun juga secara global,” tegasnya. 

Kementerian ESDM berkomitmen pun akan terus berusaha untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060, dan bahkan bisa lebih cepat jika mendapat dukungan penuh dari internasional. Transisi energi menuju energi yang lebih bersih ini merupakan kontribusi untuk menuju negara yang menerapkan green economy, green technology, dan green product.

“Di sinilah para SDM yang tangguh dapat mengambil peran penting dan strategis sebagai inovator dan menguasai dalam mewujudkan Net Zero Emission yang dapat memberikan multiplier effect dalam pembangunan nasional, khususnya dalam mendorong pengembangan industri di dalam negeri,” ujarnya. 

Baca juga : KPK Tak Segan Tetapkan PT Summarecon Agung Jadi Tersangka Korporasi

Tasrif juga menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara The 12th IHRS 2022. Dia berharap, forum ini dapat menjadi ajang kolaborasi dan sinergi dari berbagai pemangku kepentingan dan entitas bisnis untuk menghasilkan langkah strategis dan program kerja yang komprehensif yang dapat diimplementasikan dalam masing-masing perusahaan.

“Kami berharap dengan kemajuan teknologi yang pesat, SDM Indonesia adaptif, inovatif, terampil, dan berkarakter, sehingga dapat terus beradaptasi khususnya dalam hal pemenuhan energi yang terjangkau dan tersedia di seluruh penjuru negeri,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.