Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tak Ikut Hadiri Pelantikan Menteri Baru

Kiai Ma'ruf Tak Merasa Dicuekin

Kamis, 16 Juni 2022 07:58 WIB
Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin (Foto: Setwapres)
Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin (Foto: Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelantikan menteri baru hasil reshuffle kabinet di Istana Negara, kemarin, memunculkan banyak penasaran publik. Kenapa di momentum yang sakral dan penting itu, Wakil Presiden, Kiai Ma’ruf Amin tidak hadir? Apalagi dalam momen itu, ada juga pertemuan Jokowi dengan 7 ketum parpol koalisi pendukung pemerintah. Apakah wapres tidak diundang?

Biasanya, dalam setiap momen penting terkait pelantikan pejabat baru, baik di kabinet maupun lembaga, Wapres selalu hadir mendampingi Jokowi. Wapres juga akan menjadi orang nomor 2 setelah Jokowi yang akan memberikan bagi pejabat negara yang baru saja dilantik.

Baca juga : Kabinet Di-Refresh Pakai Muka Lama

Namun, dalam pelantikan 2 menteri dan 3 wakil menteri kemarin, Kiai Ma’ruf memang absen. Karena tidak hadir, acara pemberian selamat kepada pejabat yang hadir, Jokowi didampingi Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Kenapa Wapres? Ternyata, Kiai Ma’ruf sedang tidak ada di Jakarta. Eks Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu sedang melakukan kunjungan kerja di Bangka Belitung dan Jambi. Kiai Ma’ruf sudah terbang meninggalkan Jakarta, sejak Selasa (14/6) atau H-1 dilakukannya reshuffle kabinet.

Baca juga : Wapres Absen Di Pelantikan Menteri Baru, Ternyata Ini Alasannya

Di hari pertama kunker, Kiai Ma’ruf menghadiri Pembukaan Kongres Halal Internasional Tahun 2022 di Bangka Belitung. Selesai acara, Ma'ruf  tak langsung pulang. Kemarin pagi, Kiai Ma'ruf mengadakan kunjungan di luar agenda resmi dengan singgah di SDN 10 Pangkalpinang. Kunjungan dilakukan  usai berolahraga pagi di kompleks Perumahan PT Timah Pangkalpinang.

Kiai Ma'ruf yang didampingi istrinya, Ibu Wury, tampak menyapa para murid yang melakukan olahraga. "Sehat semuanya?" sapa Wapres.

Baca juga : Teman Sandi Gelar Kegiatan Sosial dan Lomba Futsal Emak-emak Di Lampung

Dengan penuh semangat, para siswa SD ini pun menjawab bahwa semua sehat.  "Sehat Pak," jawab mereka. Kiai Ma'ruf lalu menanyakan cita-mereka. Macam-macam jawabannya. Ada yang ingin jadi insinyur, dokter, ada juga yang mau jadi presiden.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.