Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Warung NKRI Green Cafe Universitas Pasundan Jadi Wujud Penguatan Nilai Kebangsaan Di Kota Bandung

Jumat, 17 Maret 2023 22:12 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus melakukan penguatan nilai-nilai kebangsaan di seluruh negeri. Salah satunya diimplementasikan melalui pengembangan Warung NKRI (Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan Negara Kesatuan Republik indonesia) di Kota Bandung.

Yakni, Warung NKRI Green Cafe Universitas Pasundan, Bandung, Jl. Tamansari No.6-8, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/3).

"Narasi-orasi terkait nilai-nilai kebangsaan akan memperkaya ruang publik kita, dan jika ini tumbuh berkembang maka pemahaman pemahaman kekerasan ekstrem tidak akan mudah diterima. Terlebih, masyarakat pasundan sangat kaya akan budaya, mari kita lestarikan," ucap Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar.

Baca juga : Ganjar Optimis Produktivitas Pertanian Jateng Masih Bisa Ditingkatkan

Warung NKRI merupakan salah satu ikhtiar merawat NKRI karena tempat ini menjadi wadah bertemunya mahasiswa, dosen dan masyarakat sekitar untuk berdialog dan berdiskusi secara informal jelas Rektor Universitas Pasundan Prof. Eddy Jusuf.

"Ini salah satu ikhtiar kita membuka ruang publik untuk merawat NKRI, nanti mahasiswa, dosen dan masyarakat bebas berdialog disini sambil ngopi. Akan dijadwal untuk para pengisi-pengisi dialognya," terangnya.

Jawa Barat sendiri memiliki beragam program penguatan nilai kebangsaan, salah satunya program Sekoper Cinta. Program yang mendorong peranan perempuan untuk menjadi penjaga NKRI.

Baca juga : Lestari Ajak Generasi Muda Tanamkan Nilai Kebangsaan

"Mereka dididik menjadi penjaga NKRI, ada kelas bela negara. Kami menyasar perempuan-perempuan karena perempuan adalah kunci keluarga tanpa mengabaikan peran ayah. Perempuan-perempuan ini diasah agar berfikiran terbuka, jadi tidak mudah dibisiki hal-hal yang salah," ujar Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat/Pendiri Jabar Bergerak Atalia Praratya.

Acara peresmian dan Dialog Kebangsaan bertajuk "Melestarikan Budaya Bangsa Menuju Peradaban Indonesia Harmoni" turut dihadiri mahasiswa universitas Pasundan dan merupakan tindak lanjut kunjungan kerja BNPT ke Universitas Pasundan, Februari lalu.

Dialog kebangsaan yang dihadirkan diharapkan memperteguh nilai-nilai kebangsaan yang sudah seharusnya dijaga. Sebab, kemerdekaan yang kita raih tidak didapat dengan mudah, namun dengan pengorbanan dan ikhtiar pendahulu bangsa. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.