Dark/Light Mode

Demi Kelancaran Arus Mudik 2023, Kementerian PUPR Fungsionalkan 11 Ruas Tol Sepanjang 222 Km

Rabu, 12 April 2023 21:16 WIB
Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: Humas Kementerian PUPR)
Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: Humas Kementerian PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) membuka 11 ruas tol untuk mendukung arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Ruas tol ini bersifat fungsional dengan total panjang 222 km.

"Kesebelas ruas tol yang dibuka secara fungsional ini antara lain Ciawi-Sukabumi Seksi 2 (Cigombong-Cibadak), Cileunyi-Sumedang-Dawuan ( Cisumdawu) Seksi Cimalaka-Dawuan, Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar-Sadang), Cibitung-Cilincing Seksi 4 (Tarumajaya-Cilincing), Cimanggis-Cibitung Seksi 2A (Jatikarya-Cikeas)," kata Sekretaris BPJT, Triono Junoasmono atau disapa Yongki saat diskusi bertema "Kesiapan Infrastruktur dalam Mendukung Mudik Lebaran", Selasa (11/4).

Selain itu, lanjut dia, ruas tol yang akan dioperasikan secara fungsional adalah ruas tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A (Probolinggo Timur- Interchange Gending), Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo Sebagian Seksi 1.1.

Baca juga : Ganjar Siapkan Jalur Tol Fungsional Solo-Yogyakarta

Sedangkan ruas tol Trans Sumatera yang dibuka secara fungsional antara lain Kuala Tanjung-Tb. Tinggi-Parapat Seksi Tebing Tinggi -SS Indrapura dan Seksi Dolok Merawan -Sinaksak, Sigli-Banda Aceh Seksi Blang Bintang-Baitussalam.

"Ruas tol Binjai - Langsa Stabat-Tanjung Pura (Stabat-Jl. Proklamasi), Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi Simpang Indralaya-Prabumulih, juga akan dioperasikan secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran 2023," tuturnya. 

Dia mengungkapkan, pemberlakuan fungsional untuk seluruh ruas tol ini sesuai arahan Korlantas Polri. Pelaksanaannya pun akan diberlakukan hanya pagi hingga sore hari.

Baca juga : Sambut Mudik 2023, Garuda Indonesia Group Siapkan 1,2 Juta Kursi Penerbangan

"Contohnya untuk Tol Cisumdawu. Ruas tol ini akan kami buka secara fungsional dari jam 6 pagi hingga jam 3 sore," jelasnya.

"Untuk memastikan kondisinya aman, karena sebagian jalan tol belum dilengkapi penerangan. Kami akan memasang rambu-rambu tambahan dan menambahkan beberapa rest area sementara," imbuhnya.

Di tempat sama, Staf Ahli Menteri PUPR bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S Atmawidjaja, meminta masyarakat untuk memanfaatkan pemberlakuan diskon tarif jalan tol saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Baca juga : Jelang Ramadan 2023, Harika Foundation Salurkan Beras untuk Santri

Permintaan ini disampaikannya setelah sebelumnya Direktur Bisnis PT Jasa Marga Reza Febrianto menjelaskan pihaknya akan memberikan diskon tarif tol 20 persen untuk arus mudik.

Sebab, selain bisa untuk berhemat, pemotongan tarif jalan tol tersebut tidak akan mengurangi kualitas layanan. Kebijakan ini juga diapresiasinya karena bisa mengurai kepadatan pergerakan kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Ini penting untuk memecah trafik supaya tidak terjadi penumpukan," kata Endra.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.