Dark/Light Mode

Perbanyak Kolaborasi

KLHK Incar Penerapan FOLU Net Sink Di 2030

Senin, 7 Agustus 2023 07:30 WIB
Sekjen KLHK selaku Ketua Pelaksana Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, Bambang Hendroyono menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kolaborasi dalam Implementasi Kebijakan FOLU Net Sink 2030 dan Peningkatan Efektivitas Perlindungan dan Pengelolaan Mangrove, Jumat (4/8). (Foto: dok. KLHK)
Sekjen KLHK selaku Ketua Pelaksana Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, Bambang Hendroyono menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kolaborasi dalam Implementasi Kebijakan FOLU Net Sink 2030 dan Peningkatan Efektivitas Perlindungan dan Pengelolaan Mangrove, Jumat (4/8). (Foto: dok. KLHK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggandeng Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI) dan Indonesian Center of Environmental Law (ICEL) berkolaborasi dalam implementasi kebijakan FOLU Net Sink 2030 dan peningkatan efektivitas perlindungan, serta pengelolaan mangrove.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Ruang Rapat Sekretariat Jenderal Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jumat (4/8) lalu.

Penandatanganan diteken langsung Sekretaris Jenderal KLHK selaku Ketua Pelaksana Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 Bambang Hendroyono bersama CEO IOJI Mas Achmad Santosa, dan Direktur Eksekutif ICEL Raynaldo G Sembiring.

Baca juga : Semangat Kolaborasi Wujudkan Pemecahan Rekor Dunia Pergelaran Angklung

Turut menghadiri acara Plt. Sekretaris Ditjen Planologi Ke­hutanan dan Tata Lingkungan, Sekretaris Ditjen Penegakan Hukum LHK, Sekretaris Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kepala Biro Perencanaan dan perwakilan dari beberapa unit eselon I lainnya.

Bambang berharap, kolaborasi tersebut dapat mewujudkan tata kelola sumber daya alam yang berkelanjutan dan berkeadilan di Indonesia.

“Untuk dapat mewujudkan­nya dibutuhkan tata kelola yang berkelanjutan dan berkeadi­lan,” kata Bambang, dalam keterangan resminya, dikutip kemarin.

Baca juga : KLHK Teken MoU Kolaborasi Dengan IOJI Dan ICEL Dukung FOLU Net Sink 2030

Chief Executive Officer IOJI Mas Achmad Santosa menilai, penyusunan nota kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari komitmen Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan terkait blue carbon ecosystem governance.

“Dengan disusunnya nota ke­sepahaman ini diharapkan dapat mendukung program FOLU Net Sink, sehingga dapat berjalan se­cara efektif dan penyusunan tata kelola blue carbon ecosystem yang dapat berkontribusi efektif terhadap mitigasi perubahan iklim,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif ICEL Raynaldo G Sembiring menjelaskan, pada dasarnya ICEL mendukung upaya per­cepatan pencapaian FOLU Net Sink berupa dukungan analisis, kajian, hukum, penguatan kelem­bagaan, tata kelola, regulasi, dan instrumen hukum.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.