Dark/Light Mode

Sinergi 6 BUMN Bangun Balkondes Golaga Purbalingga

Rabu, 2 Oktober 2019 18:16 WIB
Menteri BUMN Rini M Soemarno (kanan), saat mengunjungi Goa Lawa di Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (2/10). (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Rini M Soemarno (kanan), saat mengunjungi Goa Lawa di Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (2/10). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno menyaksikan ground breaking atau peletakan batu pertama Program Pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes), yang digagas PT Angkasa Pura I (Persero), PT PGN Tbk, PT Angkasa Pura II (Persero), PT BRI (Persero) Tbk, PT KAI (Persero) dan PT Pupuk Indonesia Holding Company di destinasi wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga), Jawa Tengah, Rabu (2/10). 

Balkondes ini dibangun dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui Corporate Social Responsibility (CSR), yang mendukung kemajuan pariwisata Purbalingga.

“Saya menyambut baik sinergi ini, ada enam BUMN yang bersinergi untuk bangun Balkondes. Harapannya, Balkondes bisa terbangun pada Mei 2020, bersamaan dengan beroperasinya Bandara Purbalingga. Supaya wisatawan bisa datang ke sini. Pesan saya ke masyarakat, kita sama sama menjaga Balkondes ini" ungkap Menteri Rini, sambil menyapa masyarakat di Desa Siwarak Golaga.

Baca juga : Gandeng PTPP, PGN Bangun 500 ribu Jaringan Gas Rumah Tangga

Balkondes merupakan program yang diinisiasi Kementerian BUMN, melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri, yang bertujuan untuk menumbuhkan peluang usaha pariwisata. Antara lain melalui pembuatan homestay, memperpanjang length of stay wisatawan melalui pertunjukan budaya baru pada tiap desa, meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa, serta menciptakan lapangan kerja bagi penduduk desa.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I Faik Fahmi mengatakan, pembangunan Balkondes ini merupakan salah satu komitmen Angkasa Pura I untuk memperkuat sarana penunjang pariwisata berupa penginapan (homestay), yang mendukung peningkatan kunjungan wisatawan. Baik domestik maupun internasional di Golaga.

Kehadiran homestay ini juga bermaksud untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Golaga. Sehingga, membantu mempercepat roda perekonomian wilayah tersebut. 

Baca juga : Kemnaker Dukung Pemkab Bandung Barat Luncurin Pelatihan Terintegrasi

“Golaga saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Purbalingga,” kata Fahmi.

Untuk memberikan keunikan pada desain dan memanfaatkan lokasi yang tersedia, homestay tersebut menerapkan konsep arsitektur bentuk treehouse sebagai identitas Purbalingga.

Desain homestay diambil dari analogi bentuk buah nanas, yang merupakan komoditas utama Kabupaten Purbalingga, dengan makanan khasnya yang terkenal yakni nanas goreng. 

Baca juga : Sukses Bangun Balkondes, AP II Sabet Nusantara CSR Awards

Balkondes Golaga ini nantinya akan memiliki sebanyak 6 unit nanas homestay, 1 unit family homestay dan public building seperti cafe & workshop, skybridge, pedestrian access, amphitheater dan areal parkir untuk meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Goa Lawa.

"Besar harapan kami, Balkondes ini dapat meningkatkan peran aktif masyarakat, untuk sama-sama memajukan destinasi wisata Golaga. Serta menjadi tempat untuk mengekspos produk-produk unggulan, khususnya dari Kabupaten Purbalingga," jelasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.