Dark/Light Mode

Kemnaker Dukung Pemkab Bandung Barat Luncurin Pelatihan Terintegrasi

Jumat, 27 September 2019 18:44 WIB
Peluncuran pelatihan kerja terintegrasi berbasis kompetensi, kewirausahaan, dan perluasan kesempatan kerja oleh Pemkab Bandung Barat. (Foto: Ist)
Peluncuran pelatihan kerja terintegrasi berbasis kompetensi, kewirausahaan, dan perluasan kesempatan kerja oleh Pemkab Bandung Barat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendukung Pemkab Bandung Barat meluncurkan pelatihan kerja terintegrasi berbasis kompetensi, kewirausahaan, dan perluasan kesempatan kerja. Ini merupakan bagian dari menuju Indonesia maju.

Dalam sambutannya, Dirjen Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas (Binalattas) Kemenaker yang diwakili Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Bekasi, Chairul Fadhly Harahap mengatakan, program terintegrasi pada Skill Development Center merupakan babak mulainya Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Ini selaras dengan arahan Presiden Jokowi, pemerintah akan fokus membangun SDM yang unggul menuju Indonesia maju.

Baca juga : Sudah Waktunya Pelaut Indonesia Dapat Perhatian Pelayanan Kesehatan

“Ini dilakukan guna mempersiapkan proses transisi dari pembangunan infrastruktur menuju pembangunan SDM,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/9).

Menurut dia, pemerintah terus berupaya melakukan peningkatan investasi melalui percepatan kompetensi tenaga kerja, peningkatan produktivitas dan kewirausahaan, serta percepatan sertifikasi kompetensi. Percepatan peningkatan kompetensi SDM dan penguatan daya saing tenaga kerja bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Baca juga : Ada Demo Tolak Pengesahan RKUHP di Depan Gedung DPR, Ini Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

“Ini akan mendorong sektor swasta terlibat aktif dalam mempersiapkan supply tenaga kerja secara massif, berkualitas dan produktif,” ujarnya.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Bandung Barat, Iing Solihin menyambut, antusias program pelatihan vokasi terintegrasi pada Skill Development Center (SDC). 

Baca juga : Darmin Pede Kemampuan Pinjam Rakyat Bakal Naik

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara mengatakan, sangat bangga karena Kabupaten Bandung Barat  menjadi lokasi SDC pertama di Indonesia dan terintegrasi dengan Kemenaker, khususnya Balai Besar Peningkatan Produktivitas untuk menjadikan masyarakat penganggur di Kabupaten Bandung Barat menjadi Wirausaha produktif, kreatif, tangguh dan berdaya saing. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.