Dark/Light Mode

Pemerintah Siapkan Pariwisata Keren di IKN

Jumat, 15 Maret 2024 10:50 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Ist)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah makin mematangkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Calon Ibu Kota baru Indonesia ini rencananya bakal punya destinasi wisata yang keren.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan wisata di IKN nantinya berbasis alam tapi tetap modern. Pariwisatanya lebih ke arah ekowisata. 

"Sehingga tren wisata di IKN ini akan mengacu kepada konsep quality and sustainability," kata Sandi saat konferensi pers bertajuk 'Perkembangan Pembangunan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di IKN' di Jakarta, dikutip Jumat (15/3/2024).

Baca juga : Sarinah & InJourney Group Bangun Ekosistem Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia

Sandi mengaku sudah melakukan kajian awal. Hasilnya pembangunan IKN sangat cocok dengan konsep sustainable tourism and seamless travelling. Ia mengatakan, sekarang Kemenparekraf sudah mulai mendorong desa-desa di sekitar Penajam Paser Utara. 

"Kami ingin menjadikan desa wisata dan kreatif," ujarnya. 

Ia meyakini pariwisata di IKN mempunyai prospek cerah untuk terus berkembang. Hal itu karena IKN ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan seperti Samarinda, Balikpapan, maupun beberapa wilayah lain di Kalimantan Timur. 

Baca juga : Gapasdap Dorong Pemerintah Buat Aturan Soal Muatan Kendaraan Listrik

Beberapa waktu ke depan Kemenparekraf pun dakan menggelar kegiatan bertajuk 'Netas' atau Nemuin Komunitas. Kegiatan ini adalah diskusi dan ajakan untuk kepada para komunitas parekraf untuk berpartisipasi dalam pengembangan dan pembanguan IKN khususnya sektor pariwisata.

Terdapat lima destinasi wisata yang diprioritaskan Kemenparekraf, yaitu Desa Wisata Mentawir, Desa Budaya Pampang, Kebun Raya Balikpapan, Bukit Bangkirai, dan Pantai Tanah Merah.

"Kami juga meningkatkan indeks pembangunan kepariwisataan nasional, di tahun 2022 menempatkan kalimantan timur di 10 dari 30 provinsi lebih, ini menjadi modal sektor parekraf," jelasnya. 

Baca juga : Telkom Tuntaskan Konsolidasi Data Center Telin Singapore

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan, target Pemerintah menjaring wisatawan asing melalui berbagai event internasional di antaranya 'World Working Day' yakni kegiatan tahunan The Association for International Sports for All (TAFISA) yang akan diikuti oleh 10 ribu orang pada 6 Oktober 2024 nanti di IKN Kalimantan Timur.

"Tentu ini menjadi salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan. Intinya kami akan terus meningkatkan sektor ekonomi dan pariwisata di IKN menjadi top five economy in the world," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.