Dark/Light Mode

Telkom Tuntaskan Konsolidasi Data Center Telin Singapore

Rabu, 6 Maret 2024 12:47 WIB
CEO NeutraDC Singapore, Sendang Praptomo (kiri) bersama CEO Telin Singapore, Indarto (kanan) saat melakukan seremoni penyelesaian proses konsolidasi bisnis data center yang sebelumnya dikelola oleh Telin di Singapura, beberapa waktu lalu dok: foto istimewa.
CEO NeutraDC Singapore, Sendang Praptomo (kiri) bersama CEO Telin Singapore, Indarto (kanan) saat melakukan seremoni penyelesaian proses konsolidasi bisnis data center yang sebelumnya dikelola oleh Telin di Singapura, beberapa waktu lalu dok: foto istimewa.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk fokus menggarap bisnis data center. Melalui anak usahanya, NeutraDC yang baru menginjak usia ke dua tahun ini, Telkom berhasil menyelesaikan konsolidasi data center yang sebelumnya dikelola Telin Singapore pada Kamis (29/2). 

Dengan adanya konsolidasi tersebut, diharapkan dapat mendukung rencana strategis TelkomGroup dalam mengembangkan portofolio bisnis platform digital sekaligus memperkuat bisnis digital connectivity, khususnya terkait bisnis international connectivity. 

Direktur Group Business Development Telkom, Honesti Basyir mengatakan, konsolidasi bisnis data center Telin Singapore dilaksanakan dalam rangka mendukung pengembangan bisnis dan penguatan operasional data center NeutraDC di regional untuk masa mendatang.

Baca juga : Pasokan Melimpah, Konsumen Gas Dalam Negeri Harus Disiapkan

"Langkah strategis ini merupakan bagian dalam roadmap bisnis data center Telkom yang diharapkan dapat memberikan nilai optimal bagi Telkom sebagai perusahaan induk," kata Basyir dalam keterangannya Rabu (6/3). 

Direktur Strategic Portfolio Telkom Indonesia, Budi Setyawan Wijaya menambahkan, konsolidasi bisnis data center Telin Singapore ke NeutraDC Singapore dilaksanakan dalam rangka penataan portfolio data center di regional. 

Hal ini juga sejalan dengan rencana strategis Telkom menuju unlock bisnis data center TelkomGroup demi value yang optimal bagi perusahaan dan stakeholder.

Baca juga : Timnas Amin Apresiasi Rencana Pertemuan Mega-JK

“Kami mengapresiasi kerja keras kedua perusahaan dalam merealisasikan strategi Telkom dan restrukturisasi portofolio bisnisnya. Telin siap untuk mencapai kinerja dan daya saing yang luar biasa,” ucap Budi.

CEO NeutraDC Singapore, Sendang Praptomo mengatakan, penyelesaian konsolidasi ini telah melalui sejumlah tahapan. Dimulai pada 7 Desember 2023 lalu, NeutraDC mendirikan anak perusahaan baru yaitu NeutraDC Singapore PTE LTD, sebagai upaya dan wujud komitmen untuk terus meningkatkan layanan dan inovasi bagi pelanggan di tingkat regional. 

“Melalui NeutraDC Singapore, kami tidak hanya menawarkan layanan yang dapat diandalkan, tetapi juga memungkinkan pelanggan untuk berkembang dalam era digital yang semakin kompleks,” ungkap Sendang

Baca juga : Mentan Ajak Kolaborasi Ex-Peneliti Litbang Pertanian

Sementara Indarto Nata, CEO Telin di Singapura mengucapkan selamat kepada NeutraDC atas pencapaiannya. 

"Dengan NeutraDC memimpin, kami yakin bahwa kemampuan dan komitmennya akan mendorong keunggulan, kesuksesan yang tak tertandingi, dan pertumbuhan. Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan NeutraDC kini dan di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Konsolidasi data center merupakan salah satu langkah penting dalam upaya transformasi perusahaan, sehingga dapat lebih fokus meningkatkan kapabilitas dan layanan yang diberikan kepada pelanggan akan lebih optimal.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.