Dark/Light Mode

BNPT Gelar Operasi Intelijen Jelang World Water Forum Ke-10 Bali

Minggu, 12 Mei 2024 12:54 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan operasi intelijen di Bali serta daerah penyangga, seperti Nusa Tenggara Barat dan Jawa Timur, untuk menyambut pelaksanaan World Water Forum Ke-10.

BNPT juga melakukan patroli siber terhadap media sosial yang berpotensi mengancam pelaksanaan World Water Forum. Hal itu dilakukan agar Forum Air Dunia 2024 dapat berjalan aman dan lancar.

"BNPT tentunya selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka deteksi dini agar World Water Forum Ke-10 dapat berjalan dengan aman dan lancar," kata Kepala Bagian Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Teknologi Informasi BNPT Letkol Sus. Tjandra Sulistiyono, Sabtu (11/5/2024)

Tjandra menambahkan, BNPT turut menggelar serangkaian Rapat Koordinasi (Rakor) Komunitas Intelijen guna mengantisipasi terjadinya tindak pidana terorisme.

Baca juga : Tokoh Hindu: World Water Forum Ke-10 Dapat Tingkatkan Perekonomian Warga Bali

Di samping itu, BNPT melakukan operasi bina masyarakat terhadap mantan narapidana terorisme (napiter) yang sudah kembali bebas ke tengah masyarakat.

"Kegiatan itu sebagai upaya mencegah terjadinya aksi tindak pidana terorisme," katanya.

Pada dasarnya, kata dia, ada empat tujuan operasi bina masyarakat tersebut.

Pertama, mengidentifikasi sasaran deradikalisasi mantan napiter dan orang atau kelompok orang terpapar di wilayah Bali dan sekitarnya, termasuk NTB, Jatim, dan Sulawesi Selatan.

Baca juga : Pelindo Gelar Pelatihan Manajemen Pengembangan Desa Wisata Penglipuran Bali

Kedua, memberikan penguatan wawasan keagamaan serta kebangsaan kepada sasaran deradikalisasi.

Ketiga, memberikan dukungan kewirausahaan kepada sasaran deradikalisasi.

"Keempat, melakukan monitoring geografis, sosiologis, dan ideologis sasaran deradikalisasi," imbuh Tjandra.

BNPT RI dipercaya sebagai anggota penanggung jawab bidang keamanan dan kesehatan, sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 13 Tahun 2024 tentang Panitia Nasional Penyelenggara World Water Forum Ke-10.

Baca juga : Siap Selenggarakan World Water Forum Ke-10, Ngurah Harta Pastikan Bali Aman

World Water Forum tahun ini akan dilaksanakan di Bali pada tanggal 18-25 Mei 2024 dengan tema Water for Shared Prosperity atau Air untuk Kesejahteraan Bersama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.