Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari Ini, Replika Grand Mosque Abu Dhabi Mulai Dibangun Di Solo

Sabtu, 6 Maret 2021 14:54 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama Ketua Otoritas Umum Bidang Urusan Islam dan Wakaf UEA Mohammed bin Matar Al Kaabi letakkan batu pertama pembangunan masjid di Solo, Sabtu (6/3). (Foto: Dok. Kemenag)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama Ketua Otoritas Umum Bidang Urusan Islam dan Wakaf UEA Mohammed bin Matar Al Kaabi letakkan batu pertama pembangunan masjid di Solo, Sabtu (6/3). (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) bekerjasama membangun Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Pembangunan masjid tersebut dimulai hari ini, Sabtu (6/3), ditandai peletakkan batu pertama oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama Ketua Otoritas Umum Bidang Urusan Islam dan Wakaf Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Matar Al Kaabi.

Peletakan batu pertama pembangunan replika dari masjid megah di UEA tersebut dilakukan dengan mencurahkan cor beton ke dalam lobang.

Ikut juga meletakkan batu pertama, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Energi dan Industri UEA Suhail Mohammed Al Mazrouei, Wakil Gubernur Jateng Gus Taj Yasin Maimoen dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga : Berlaku Hari Ini, Ini Daftar Mobil Yang Dapat Diskon PPnBM

Peletakan batu pertama masjid yang berlokasi di Kampung Gilingan, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah (Jateng) ini berlangsung dengan protokol kesehatan ketat deminpencegahan Covid-19.

Pembangunan masjid ini diperkirakan menelan biaya sekitar 20 juta dolar atau hampir Rp 300 miliar, dan seluruhnya ditanggung pemerintah UEA.

Adapun desain masjid ini akan dibuat mirip Grand Mosque di Abu Dhabi, ibu kota UEA dengan empat menara menjulang, satu kubah utama, dikelilingi kubah-kubah kecil dan ornamen bangunan Timur Tengah.

Baca juga : Hari Ini, Polda Metro Buka Layanan Perpanjang SIM Di 5 Lokasi

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pembangunan replika Grand Mosque Muhammad Bin Zayed atau Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini merupakan hibah Putra Mahkota Persatuan Emirat Arab kepada Bapak Presiden Joko Widodo.

"Masjid yang punya nilai sejarah kontemporer ini nantinya akan didedikasikan kepada seluruh umat Islam dan dikelola oleh pemerintah Republik Indonesia," kata Menag di Solo, Sabtu (6/3).

Ia berharap pelaksanaan pembangunan masjid berjalan lancar dengan dukungan dan doa restu dari semua pihak. "Insya Allah, masjid ini membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Surakarta khususnya, Jawa Tengah serta bangsa Indonesia umumnya," ujar Menag.

Baca juga : Mondelēz Indonesia Persiapkan Generasi Muda Hadapi Tantangan Dunia Kerja

Menag menyampaikan apresiasi atas kunjungan delegasi Persatuan Emirat Arab ke Indonesia tahun 2021.

Menurutnya, kunjungan ini bukan hanya membawa misi bisnis dan investasi untuk pembangunan ekonomi, melainkan juga investasi pembangunan mental spiritual yang amat penting bagi masa depan umat manusia dan dunia yang berkeadaban. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.